Tahun 2023 Angka Kemiskinan Menurun

Tahun 2023 Angka Kemiskinan Menurun

Dr M Asli Samin SKep MKep--

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Dikarenakan angka kemiskinan di wilayah Kabupaten Rejang Lebong (RL) saat ini sebanyak 15,8 persen dan berada pada urutan ke-5 dari angka warga termiskin di Provinsi Bengkulu.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) RL menargetkan, tahun 2023 mendatang angka kemiskinan di RL dipastikan akan berkurang.

Hal ini sebagaimana disampaikan Asisten II Setdakab RL Bidang Perekonomian dan Pembangunan Dr M Asli Samin SKep MKep, jika melihat dari sumber daya alam yang dimiliki RL.

Seharusnya angka kemiskinan di RL tidak sebesar itu.

BACA JUGA: FK BPD Kembali Suarakan Naik Gaji, Ini Solusi Dari DPRD

BACA JUGA: MTs Tarbiyah Islamiyah Kembangkan Pramuka

Untuk itulah Pemkab akan memberikan upaya yang semaksimal mungkin, agar angka kemiskinan di wilayah RL bisa diberantas.

"Kalau dilihat dari aspek struktural dan kultural di RL. Seharusnya angka kemiskinan di RL ini dominan kecil. Namun faktanya, saat ini angka kemiskinan di RL cukup besar. Dimana dari hasil survey yang dilakukan, mayoritas masyarakat kita yang miskin tersebut berasal dari kalangan petani yang pendidikan terakhirnya hanya tamatan SD dan SMP. Untuk itulah perlu dilakukan beberapa upaya untuk mengentaskan kemiskinan yang terjadi," ucap Asli.

Dikatakan Asli, ada beberapa upaya yang sudah dilakukan Pemkab RL untuk mengentaskan angka kemiskinan tersebut.

Dimana salah satunya adalah dimulai dari memperkecil angka pengangguran di RL, dan memperluas lowongan pekerjaan yang tersedia di RL.

BACA JUGA: Menuju Satu Data Dengan 'Regsosek'

BACA JUGA: PonPes Darul Ma'arif NU Adakan Kegiatan HSN

Seperti pada visi misi bupati soal pemberian bantuan keuangan khusus (BKK) kepada 122 desa di wilayah Kabupaten RL.

"Untuk beberapa upaya menekan angka kemiskinan di RL. Kita sudah bergerak melalui pemberian BKK kepada 122 desa di RL. Dimana melalui BKK yang diberikan tersebut. Kami berharap dapat digunakan sebaik mungkin untuk mengurangi angka pengangguran di RL. Sehingga kedepannya juga dapat memperluas lahan pekerjaan untuk masyarakat guna untuk meningkatkan perekonomian mereka," ucap Asli.

Masih dikatakan Asli, selain pemberian bantuan BKK kepada 122 desa.

Pemkab RL juga mulai mengadakan sosialisasi kepada para pemuda, baik itu pelajar maupun mahasiswa tentang kiat-kiat membuka peluang usaha setelah mereka tamat nanti.

BACA JUGA: Siswa SDN 62 RL Antusias Ikuti Mewarnai CE

BACA JUGA: Sebelum Difungsikan, Disperindagkop Lebong Susun Regulasi PTM

Dan juga upaya men siasati peluang usaha pada wirausaha muda untuk meningkatkan perekonomian mereka nantinya.

"Saat ini kami juga bersama Dispora RL mulai melakukan sosialisasi kepada para pemuda di RL untuk mengenal dunia usaha dan wirausaha sejak dini. Hal itu dilakukan, agar para pemuda kita yang merupakan generasi penerus dapat membuka usaha, untuk menghindari kemiskinan di RL ini. Sehingga nantinya dengan beberapa upaya yang kita lakukan, angka kemiskinan di RL terus menurun," singkatnya.

Sumber: