GLadi Bersih ANBK Tingkat SD Banyak Kendala

GLadi Bersih ANBK Tingkat SD Banyak Kendala

Aziz Ahmad/CE Pelaksanaan Gladi Bersih ANBK yang dilaksanakan di SDN 13 RL. --

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Pada pelaksanaan Gladi Bersih Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tingkat sekolah dasar (SD) di kabupaten Rejang Lebong yang di jadwalkan pada 17 sampai dengan 21 Oktober 2022 masih memiliki banyak kendala didalam pelaksanaan.

Kendala tersebut diantaranya yakni seperti kejadian mati lampu, susah login, sering terjadi logout terhadap client. 

Hal tersebut dibenarkan oleh helpdesk ANBK SD RL, Sunardi MTPd kepada wartawan pada Rabu 19 oktober kemarin.

"Memang pada beberapa hari pada gelombang pertama pelaksanaan gladi bersih ANBK masih terdapat kendala, akan tetapi sejauh ini masih bisa diatasi," ujarnya.

BACA JUGA:Akhir Bulan Ini, MTSN 2 RL Gelar Gerakan Nasional Aksi Bergizi

BACA JUGA:SDN 4 RL Salurkan Bantuan Infaq

Dikatakan Sunardi yang lebih akrab disapa Nardi, bahwasanya untuk kejadian mati lampu tersebut terjadi pada hari Rabu 19 oktober di beberapa wilayah diantaranya wilayah kecamatan Curup Tengah, Curup Timur, Curup Selatan, dan juga Kecamatan Kota Padang, akan tetapi atas kejadian tersebut pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) RL sudah menyurati PLN baik cabang maupun ranting, sehingga kejadian mati lampu tersebut tidak berjalan lama.

"Untuk sekolah yang mengalami susah login, sering terjadi logout terhadap client, hal tersebut dikarenakan terjadinya gangguan pada Internet sekolahnya, hal tersebut bisa diatasi dengan menggunakan provider yang lebih kuat di lokasi pelaksanaan, dan juga menambah bandwith bagi sekolah yang menggunakan indihome," terangnya.

Sementara itu Nardi mengatakan bahwasannya untuk sekolah yang berada di wilayah yang susah sinyalnya, maka beberapa sekolah tersebut pada pelaksanaanya mengelompok di suatu sekolah yang letaknya mempunyai sinyal yang lebih kuat, akan tetapi walaupun mengelompok, pelaksanaan ANBK di masing - masing sekolah tersebut dilaksanakan secara mandiri, dalam artian ANBK sekolah tersebut di handle oleh proktor dan teknisi dari sekolahnya masing - masing.

"Untuk daerah yang termasuk wilayah susah sinyalnya diantaranya wilayah kecamatan PUT, sebagian wilayah kecamatan Selupu Rejang, SBU,SBI, dan Kecamatan Kota Padang," jelasnya.

BACA JUGA: 187 SD/MI Laksanakan ANBK, Mayoritas dengan Metode Full Online

BACA JUGA: Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW, SMAIT-KU Undang Ketua MUI RL Sebagai Penceramah

Sambung Nardi, dengan pengalaman pelaksanaan gladi bersih ANBK tersebut nantinya akan dijadikan sebagai pengalaman dan pembelajaran berharga bagi pihaknya dan juga Dikbud sebagai penyelenggara ANBK di tingkat Kabupaten RL yang nantinya akan dilaksanakan pada 24 Oktober sampai dengan 3 November mendatang.

"Semoga pada hari pelaksanaan ANBK nantinya bisa terlaksana dengan baik tanpa ada hambatan apapun, dan kami juga berharap kepada semua proktor dari masing - masing sekolah agar selalu menjalin komunikasi kepada kami terkait pelaksanaan ANBK sehingga hambatan - hambatan yang terjadi agar bisa cepat diatasi," pungkasnya.

Sumber: