Desember Ini 45 Titik LPJU Terpasang

Desember Ini  45 Titik LPJU Terpasang

Rachman Yuzir--

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Rejang Lebong (RL), menyebut sebanyak 45 titik lampu penerang jalan umum (LPJU) ditargetkan akan rampung terpasang di sejumlah titik di Kabupaten RL.

"Saat ini kami sedang menyiapkan sejumlah LPJU yang totalnya 45 titik untuk segera terpasang di Desember nanti," ungkap Kadishub Kabupaten RL, Rachman Yuzir SE kepada wartawan.

Rachman melanjutkan, adapun anggaran yang disiapkan untuk dapat merealisasikan pemasangan LPJU tersebut yakni hampir Rp 400 juta.

Yang mana dana tersebut bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja (APBD) tahun 2022.

BACA JUGA: Verfak Keanggotaan Parpol 628 Sampel Belum Berhasil Ditemui

BACA JUGA: 41 OPD Terima Raport Merah Dewan Minta Bupati Evaluasi OPD

"Jadi LPJU ini yang bersumber dari APBD murni 2022," ucapnya.

Kemudian mengapa baru bisa terealisasi diakhir tahun, Rachman menerangkan, karena anggaran di APBD murni baru mampu untuk mengadakan lampunya saja.

Sedangkan untuk membeli peralatan tambahan/dukungan lainnya, tidak cukup alias kurang.

"Ternyata ada banyak peralatan tambahan lain seperti kabel, isolasi dan lain. Belum lagi setelah kami cek di SIPD ada kenaikan biaya listrik untuk lampu itu, sehingga baru bisa kita jalankan di akhir tahun ini," jelasnya.

BACA JUGA: 2 Paket DAU Masih Proses Tender

BACA JUGA: Pembayaran Pajak Randis jadi Prioritas

Masih dikatakan Rachman, sebanyak 45 titik LPJU itu nantinya akan tersebar di beberapa titik di wilayah Kabupaten RL.

Hanya saja untuk titik-titiknya akan dipetakan terlebih dahulu dan sekaligus melakukan koordinasi dengan Bupati RL terkait titik mana saja yang sangat perlu diprioritaskan.

"Perihal dimana saja LPJU itu bakal di pasang nanti, akan kami koordinasikan dulu dengan Pak Bupati untuk meminta petunjuk dari beliau," tuturnya.

Disisi lain dirinya juga menjelaskan, untuk program penerangan jalan umum tenaga surya (PJU-TS) yang merupakan hibah dari Lembaga Pengelola Proyek Forum Budaya Dunia Heritage (LPPFBDH) kepada Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong (RL), hingga saat ini belum juga terealisasikan.

BACA JUGA: Ini Pesan Direktur untuk Wisudawan AKREL

BACA JUGA: Pasal Ketidak Cocokan 4 ASN Lebong Gugat Cerai Suami

Ini karena, sebelumnya pihaknya telah mengirim surat ke Dinas Energi dan Sumber Daya Manusia (ESDM) Provinsi Bengkulu untuk memetakan wilayah-wilayah prioritas utama yang harus didahulukan dalam penyaluran tahap pertama.

Namun sampai saat ini surat tersebut belum ada balasan lebih lanjut.

"Intinya untuk PJU-TS yang hibah dari LPPFBDH itu belum juga terlaksana sampai sekarang. Dan kami masih tunggu balasan dari Pemprov," imbuhnya.

Sumber: