Dikunjungi Tim dari Kemenparekraf Desa Kota Baru Santan Optimis Masuk 5 Besar DEWI

Dikunjungi Tim dari Kemenparekraf  Desa Kota Baru Santan Optimis Masuk 5 Besar  DEWI

Ist/CE Tim juri DEWI dari Kemenparekraf RI, saat melakukan observasi dan visitasi ke Objek Wisata Desa Kota Baru Santan--

LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM  - Desa Kota Baru Santan, mendapatkan penghargaan dengan dikunjungi langsung tim juri desa wisata (DEWI), yang langsung dari Kementerian pariwisata dan ekonomi kreatif (Kemenparekraf) RI, yang melakukan observasi dan vistasi langsung ke lokasi wisata yang berada di desa tersebut.

Yang mana sebelumnya potensi wisata yang dilimiki Desa Kota Baru Santan berhasil masuk 10 besar lomba desa wisata  tingkat Provinsi. 

Sebagaimana disampaikan Pengelola Pokdarwis desa tersebut, Eko Anderman, mengaku optimis jika desa yang menjadi perwakilan Lebong dalam ajang DEWI tahun 2022, akan dapat bersaing dengan desa lain di Provinsi Bengkulu, hingga masuk di peringkat 5 besar provinsi. 

Menurutnya, rasa optimis itu muncul karena desa tersebut memiliki sejumlah destinasi wisata yang terkelola dengan baik.  

BACA JUGA:Yeay! KPU Lebong Buka Lowongan 60 PPK dan 315 PPS

BACA JUGA:Kukuhkan Bunda Literasi di RL, Bupati Harapkan Peningkatan Minat Baca Masyarakat

"Harus optimis masuk 5 besar, karena desa kita ini memiliki destinasi wisata yang terkelola dengan baik," kata Eko.

Dijelaskan Eko, penilaian yang dilakukan oleh tim juri Kemenparekraf ke desa tersebut dalam rangka untuk melihat secara langsung potensi wisata yang berada di lokasi tersebut.

Mulai dari budaya, kuliner, alam dan masyarakatnya yang terlihat asri dan lestari. Terlebih dengan ciri khasnya yang memikat wisatawan.

"Desa ini juga merupakan satu satunya desa yang memiliki banyak keunggulan dari desa lain, salah satunya Camping Ground dan Air Terjun, yang mana masih terjaga kelestarian alam yang ada di tempat wisata tersebut," lanjut Eko.

Disamping keindahan alam yang sangat memukau, Desa Kota Baru Santan juga, memperkenalkan budaya lokal dan memperdayakan masyarakat setempat untuk mengembangkan potensi alam yang dapat dikembangkan kearah ekonomi kreatif dalam bidang pariwisata, sehingga bisa menambah penghasilan bagi masyarakat setempat.

BACA JUGA:Dibantu Warga, Pekerjaan Fisik TMMD Terus Menunjukkan Progres yang Bagus

BACA JUGA:Lindungi Hak-Hak Jemaah Haji, Kemenag Usulkan Bentuk Perda Haji ke Pemkab

"Maka dari itu kita (Desa Kota Baru Santan, red) optimis jika masuk 5 besar dalam ajang DEWI, yang rencananya akan di umumkan pada 10 November mendatang," jelasnya.

Dengan demikian, sambung Eko apabila Desa Wisata Kota Baru Santan masuk 5 besar dalam ajang tersebut, otomatis desa ini juga akan menjadi salah satu perwakilan Provinsi Bengkulu untuk melaju ke tingkat Nasional.

"Harapan kita seperti itu, bisa masuk 5 besar dan menjadi perwakilan provinsi di tingkat nasional. Maka kami mohon doa dan dukungan dari masyarakat semoga pariwisata yang di lombakan ini mampu mengharumkan Kabupaten Lebong kedepan. Tentunya bisa dikenal masyarakat baik nasional maupun mancanegara," harapnya. 

Sumber: