Kukuhkan Bunda Literasi di RL, Bupati Harapkan Peningkatan Minat Baca Masyarakat

Kukuhkan Bunda Literasi di RL, Bupati Harapkan Peningkatan Minat Baca Masyarakat

NICKO/CE Bupati saat mengukuhkan Bunda Literasi.--

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM  - Bupati Rejang Lebong (RL) Drs H Syamsul Effendi MM, pada Rabu 2 Oktober kemarin mengukuhkan sebanyak 16 orang bunda literasi pada tingkat kabupaten dan juga tingkat kecamatan.

Dimana para bunda literasi yang dikukuhkan tersebut, merupakan para isteri camat yang ditugaskan untuk menjabat sebagai bunda literasi di kecamatan, dan juga Ketua TP-PKK RL yang ditugaskan menjadi bunda literasi untuk tingkat kabupaten.

Disampaikan bupati, dengan dikukuhkannya bunda literasi tersebut. Diharapkan dapat menumbuhkan dan meningkatkan minat baca masyarakat di Kabupaten RL.

Dimana dikatakannya, jika sejak maraknya covid-19 lalu, minat baca masyarakat RL sudah sangat menurun jauh. Untuk itu akan ditingkatkan lagi minat baca masyarakat dengan adanya bunda literasi.

BACA JUGA:Dibantu Warga, Pekerjaan Fisik TMMD Terus Menunjukkan Progres yang Bagus

BACA JUGA:Lindungi Hak-Hak Jemaah Haji, Kemenag Usulkan Bentuk Perda Haji ke Pemkab

"Seperti yang kita ketahui bersama, saat ini budaya membaca masyarakat RL sangat kecil. Untuk itu perlu ditingkatkan lagi minat bacanya, agar masyarakat RL tetap menjalankan pendidikannya lebih lanjut. Untuk itu dengan dikukuhkannya bunda literasi, saya mengharapkan kedepannya dapat menambah minat baca masyarakat kita," ujar bupati.

Lebih lanjut bupati juga menyampaikan, bahwa yang namanya minat literasi membaca ini harus dimulai dari diri sendiri. Dimana para bunda literasi maupun jajaran Pemkab RL harus membiasakan diri untuk membaca terlebih dahulu.

Dimana hal tersebut dilakukan, untuk memberi contoh kepada masyarakat luas akan pentingnya budaya membaca sejak dini. 

"Kami memberikan dukungan sepenuhnya kepada para bunda literasi maupun pihak Perpusda, dalam upaya meningkatkan minat baca masyarakat di RL. Namun saya juga mengharapkan, agar budaya membaca tersebut harus dibiasakan dan dimulai dari kita sendiri, untuk memberi contoh kepada masyarakat luas," ucap bupati.

BACA JUGA:Ipda Segera Lakukan Review UPK PNPM, Ada Dana Mengendap Ratusan Juta

BACA JUGA:Seleksi PPPK Dimulai Dari Tenaga Guru, Andhy: Pendaftaran Sudah Dibuka Sejak 1 November Kemarin

Sementara itu dikatakan Bunda Literasi Kabupaten RL Ny Hj Hartini Syamsul SSos MSi, jika dalam upaya peningkatan minat baca masyarakat, pihaknya bersama perpusda akan membuat pojok-pojok baca di seluruh kecamatan, kelurahan, maupun desa. Dimana hal tersebut juga dilakukan, agar menarik masyarakat untuk menumbuhkan minat baca nya.

"Inshaa Allah, dalam waktu dekat ini kita akan membuat pojok baca di seluruh kecamatan, desa, maupun kelurahan. Dimana kami juga akan menghimbau kepada para camat dan juga bunda literasi kecamatan, agar sesegera mungkin membentuk tim untuk melakukan pembuatan pojok baca nantinya," ucap Hartini.

Adapun tujuan utama pembentukan bunda literasi ini sambung Hartini, adalah untuk membantu pemerintah pusat dalam mencerdaskan anak bangsa khusunya anak-anak di RL.

Dimana bunda literasi ini juga dibentuk, untuk memberikan motifasi kepada seluruh masyarakat agar minat baca di RL ini semakin meningkat.

BACA JUGA:Pemkab RL Beri Sembako untuk Penderita Stunting

BACA JUGA:Banggar Kembalikan Draf RAPBD 2023 ke TAPD

Dimana Hartini juga menegaskan, dengan meningkatnya minat baca masyarakat, kemungkinan besar dapat meningkatkan juga SDM yang ada di RL.

"Program bunda literasi ini harus dapat dijalankan secara maksimal, untuk itu peran dari bunda literasi sendiri sangat dibutuhkan untuk memotivasi masyarakat khususnya anak-anak di RL untuk membaca. Karena saya mengharapkan, agar bunda literasi yang sudah terbentuk ini segera melakukan pergerakan untuk peningkatan dan perubahan pola pikir masyarakat terhadap minat membaca nya," sampai Hartini.

Disisi lain Kepala Dinas Perpustakaan Daerah (Perpusda) RL Bambang Budiono SE menyampaikan, jika pihaknya akan mendukung para bunda literasi dalam meningkatkan minat baca masyarakat.

Seperti melakukan pembentukan pojok baca di seluruh wilayah Kabupaten RL.

BACA JUGA:Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Penyandang Disabilitas Pemkab Wacanakan Buat Perbup PPDI

BACA JUGA:Tilang Elektronik Segera Berlaku

"Tentu sudah menjadi tugas kami untuk membantu meningkatkan minat baca masyarakat RL. Dimana dengan adanya para bunda literasi di RL, akan memudahkan kami untuk menjadikan budaya membaca ini sebagai rutinitas sehari-hari di kalangan masyarakat umum. Untuk itu, kami juga akan memberikan kinerja semaksimal mungkin untuk mencerdaskan anak bangsa, dan juga RL yang lebih baik lagi kedepannya," singkat Bambang.

Sumber: