Pemkab Rejang Lebong Agendakan Shalat Gerhana

Pemkab Rejang Lebong Agendakan Shalat Gerhana

DOK/CE Herwin Wijaya Kusuma--

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Selasa 8 November sore ini, Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong (RL) mengagendakan akan melaksanakan shalat gerhana bulan.

Kegiatan tersebut akan dilakukan secara berjamaah yang akan dilaksanakan di Masjid Agung Baitul Makmur Curup.

Sebagaimana disampaikan Kabag Kesra RL Herwin Wijaya Kusuma MPdI, jika pihaknya sudah menerima surat himbauan secara resmi dari pemerintah pusat melalui Kementerian Agama (Kemenag) RL agar melaksanakan shalat gerhana bulan tersebut.

Untuk itulah dirinya akan melakukan koordinasi dengan pengurus masjid Agung untuk mempersiapkan semuanya.

BACA JUGA:Dimulai Tahun Depan, Tahap 2 Tol Taba Penanjung-Kepahiang

BACA JUGA:Minat Nikah di Lebong Menurun

"Berkenaan dengan penyampaian pihak BMKG akan terjadinya gerhana bulan totol sore ini. Kemarin kami sudah menerima surat yang diberikan oleh Kemenag RL berkenaan dengan pelaksanaan shalat gerhana bulan tersebut. Untuk itu kami akan mempersiapkan semuanya, karena shalat gerhana akan dilaksanakan sore ini ba'da magrib di Masjid Agung Baitul Makmur," ucap Herwin.

Herwin juga menyampaikan, jika tidak hanya di masjid Agung yang akan menjadi tempat untuk pelaksanaan shalat gerhana bulan secara berjamaah.

Melainkan Pemkab juga menghimbau, agar semua lapisan masyarakat di RL juga melaksanakan shalat gerhana bulan secara berjamaah di masjid tempat tinggal nya masing-masing.

BACA JUGA:Peringati Hari Kesehatan Nasional, Ratusan ASN Ikuti Senam Massal

BACA JUGA:Selasa, Gerhana Bulan Total

"Untuk pelaksanaan shalat gerhana bulan ini kami sudah berkoordinasi dengan pihak Kemenag RL. Dimana setiap pengurus masjid di RL akan dihimbau untuk menagajak masyarakat agar melaksanakan sahalat gerhana bulan secara berjamaah di masjid-masjid yang ada di seluruh wilayah RL," sampai Herwin.

Sementara itu disampaikan Kasi Bimas Islam kemenag RL Drs H Akhmad Hafizuddin MHI, jika pihak Kemenag juga akan bertugas secara langsung untuk memberikan himbauan soal shalat gerhana berjamaah kepada pihak KUA di RL, agar diteruskan ke semua pengurus masjid di RL.

"Menindaklanjuti surat himbauan pelaksanaan shalat gerhana secara berjamaah yang diberikan oleh Kemenag Pusat, kami kemenag RL akan meneruskan himbauan tersebut ke semua KUA yang ada di RL. Agar pesan tersebut dapat diteruskan ke semua pengurus masjid, untuk bersiap melakukan shalat gerhana tersebut," singkatnya. 

Sumber: