Perbaikan Longsor Dusun Sawah, Shalahuddin: Pakai Dana Hibah BNPB

Perbaikan Longsor Dusun Sawah, Shalahuddin: Pakai Dana Hibah BNPB

ARI/CE Jalan Dusun Sawah yang longsor beberapa waktu lalu. --

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rejang Lebong (RL) menyebutkan, bahwa dalam upaya memperbaiki Jalan Desa Dusun Sawah Kecamatan Curup Utara yang longsor beberapa waktu lalu, akan mendapat perbaikan melalui dana rehabilitasi dan rekonstruksi yang bersumber dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat.

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten RL, Drs Shalahuddin menyampaikan, apabila ingin menggunakan dana yang bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tahun berikutnya Pemkab RL belum mampu untuk merealisasikan perbaikan jalan tersebut.

"Karena kerusakannya lumayan parah, jadi masalah Jalan Dusun Sawah yang longsor dan nyaris putus ini kami usulkan ke BNPB Pusat," sampainya.

Lanjut Kalak, saat ini pihaknya juga mendapat kunjungan dari BPBD Provinsi Bengkulu. Kunjungan tersebut dimaksudkan untuk memverifikasi titik-titik wilayah di Kabupaten RL yang terdampak longsor atau bencana alam lainnya.

BACA JUGA:Sempat Ditimbun, Jalan Dusun Sawah Kembali Longsor dan Nyaris Putus

BACA JUGA:Komisi III Sidak Jalan Dusun Sawah

"Yang salah satunya akan kami ajak mereka untuk mengecek dan melihat langsung kondisi Jalan Desa Dusun Sawah yang nyaris putus itu," tuturnya.

Dengan adanya verifikasi dari BPBD Provinsi Bengkulu, Kalak mengatakan, rencana perbaikan Jalan Desa Dusun Sawah tetap dilanjutkan mendapat hibah dan menjadi prioritas untuk dapat dilaksanakan di tahun 2023 mendatang.

Bukan tanpa alasan, karena jalan tersebut merupakan akses vital bagi masyarakat setempat. Tidak hanya masyarakat Desa Dusun Sawah dan Kelurahan Talang Benih saja yang mengakses jalan itu, akan tetapi masyarakat dari desa/kelurahan lain juga banyak yang memanfaatkan jalan tersebut.

"Jadi kami sangat berharap jalan ini tidak dicoret oleh tim verifikasi dari BPNB provinsi dan akan menerima hibah dari pusat," terangnya.

BACA JUGA:Ini Jawaban Eksekutif, Atas Pandangan Umum Fraksi

BACA JUGA:Tekan Angka Stunting, Pemkab Tingkatkan Pokjanal Posyandu

Masih dikatakannya, bahkan tidak hanya Jalan Desa Dusun Sawah saja yang pihaknya usulkan untuk menerima dana hibah pusat. Ada titik-titik terdampak bencana lain juga, seperti Jembatan Duku Ulu - Cawang Lama Kecamatan Selupu Rejang, Jembatan Tran Taktoi Kecamatan Padang Ulak Tanding (PUT), pelapis tebing di Pasar Baru, pelapis tebing di Desa Tasik Malaya, pelapis tebing di Desa Pal Batu, dan irigasi induk di Desa Tanjung Agung Kecamatan Sindang Beliti Ilir.

"Semuanya kami harapkan bisa dapat bantuan hibah, karena ini menyangkut kepentingan masyarakat banyak," tanda Kalak. 

Sumber: