Fraksi Setujui APBD 2023 dengan Catatan

Fraksi Setujui APBD 2023 dengan Catatan

ARI/CE Penyerahan hasil pembahasan APBD tahun 2023 antara legislatif dan eksekutif. --

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Pada Selasa 29 November kemarin, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Rejang Lebong menggelar rapat paripurna pandangan akhir fraksi sekaligus pengesahan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tahun 2023.

Selama rapat paripurna berlangsung, seluruh fraksi DPRD Kabupaten Rejang Lebong menyetujui hasil pembahasan APBD 2023 dengan catatan-catatan.

M Ali ST selaku juru bicara (Jubir) dari Fraksi Golkar dan Gerakan Sejahtera menyampaikan pandangannya, antara lain meminta kepada Dinas PUPR agar lebih cepat dalam pelaksanaan tender/lelang kegiatan.

Jangan seperti tahun-tahun sebelumnya yang terkesan lambat, hingga mendekat akhir tahun baru melakukan tender kegiatan.

BACA JUGA:MUI Minta Oknum Camat VCS Disanksi

BACA JUGA:Laksanakan Roadshow di SDN 126 RL, Siswa Antusias

Kemudian output atau hasil akhir dari bantuan uang sebesar Rp 100 juta untuk desa dan kelurahan harus jelas, sehingga bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dan terwujudnya masyarakat yang lebih sejahtera.

Lalu meminta pelayanan kesehatan kepada masyarakat mulai dari RSUD Rejang Lebong dan setiap puskesmas yang ada di Kabupaten Rejang Lebong agar dapat ditingkatkan lagi.

Berikutnya, Ngadiono selaku jubir Fraksi PDIP menyampaikan pandangannya antara lain, mengimbau kepada pimpinan daerah agar kegiatan-kegiatan yang menjadi prioritas bisa terlaksana dengan tepat sasaran.

Kemudian berharap kegiatan-kegiatan tersebut dilakukan tepat waktu dan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. Lalu meminta kepada seluruh ASN dan TKS di lingkup Pemda Rejang Lebong dapat memberikan pelayan prima kepada masyarakat.

BACA JUGA:Laksanakan Roadshow di SDN 126 RL, Siswa Antusias

BACA JUGA:Roadshow Lomba Mewarnai CE di SDN 77 RL Sukses

"Selain itu kami juga meminta kepada PDAM bisa cepat tanggap dalam menangani masalah air bersih, khususnya di wilayah PUT yang sampai saat ini masih belum tertangani secara maksimal," ujarnya.

Sementara itu M Yusuf selaku jubir Fraksi Demokrat dan Mardin selaku jubir Fraksi Perindo menyampaikan pandangannya, meminta kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) agar memperhatikan SD 94 Rejang Lebong yang terletak di Desa Karang Pinang Kecamatan Sindang Beliti Ulu.

Dimana fasilitas pendukung belajar mengajar seperti kursi dan meja sudah tidak layak lagi.

Selanjutnya Achmad Ardiansyah selaku jubir Fraksi Nasdem menyampaikan pandangannya, meminta kepada Bupati Rejang Lebong agar lebih memperjelas program-program Rejang Lebong Bercahaya.

Berikutnya Arpantoni selaku jubir Fraksi Kebangkitan Nurani menyampaikan pandangannya yang antara lain meminta Bupati Rejang Lebong menekan kinerja OPD dalam mendukung visi misi Pemda Rejang Lebong, meminta adanya mutasi dengan tujuan penyegaran di lingkup OPD yang sebelumnya mendapat raport merah, serta mengisi jabatan kosong di sejumlah OPD.

BACA JUGA:Sejarah HGN Tanggal 25 November

BACA JUGA:Petani Keluhkan Ketersediaan Pupuk Subsidi Kosong

Kemudian mencari tahu penyebab SD-SD di Rejang Lebong saat ini kurang diminati, dimana masyarakat justru lebih memilih menyekolahkan anak-anaknya di sekolah swasta yang bayarannya jauh lebih besar dari pada sekolah negeri.

Terpisah, Bupati Rejang Lebong, Drs H Syamsul Effendi MM mengatakan, APBD tahun anggaran 2023 sudah resmi disahkan.

Meskipun ada beberapa program yang tidak terakomodir, namun secara garis besar kegiatan-kegiatan yang tercantum dalam visi misi Pemda Rejang Lebong dan beberapa pokok pikiran (Pokir) anggota DPRD terakomodir untuk terealisasi di tahun 2023 mendatang.

"Artinya kita harus tetap bersyukur, tapi yang jelas apa yang menjadi visi misi SaHe dan sejumlah pokir-pokir dewan itu dapat terlaksana," ungkapnya.

Bupati melanjutkan, semua pihak tahu dan paham bagaimana kondisi keuangan daerah saat ini. Tidak semua kegiatan bisa dimasukkan dan diakomodir untuk terlaksana di tahun 2023 mendatang.

"Kita sama-sama berharap apa saja yang menjadi rencana kita di tahun depan bisa berjalan dengan baik sebagaimana mestinya dan sesuai dengan harapan masyarakat," singkat Bupati. 

Sumber: