Kemensos Salurkan Atensi Rp 590 Juta untuk Disabilitas dan UMKM di RL

Kemensos Salurkan Atensi Rp 590 Juta untuk Disabilitas dan UMKM di RL

ARI/CE Penyerahan secara simbolis oleh H M Sholeh kepada Bupati Rejang Lebong.--

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional (HKI) serta Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN).

Sentra Dharma Guna Bengkulu Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Rejang Lebong menyalurkan bantuan asistensi rehabilitasi sosial (Atensi) senilai Rp 590 juta.

Kegiatan tersebut berlangsung di Gedung Serba Guna (GSG) Lapangan Setia Negara, pada Senin 26 Desember kemarin.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, H M Sholeh menyampaikan, dengan telah diberikannya bantuan Atensi tersebut diharapkan bisa memberikan manfaat yang besar bagi para penerima manfaat.

BACA JUGA:6 Poktan Dibantu Rp 600 Juta, BRI KC Curup

BACA JUGA:Bupati Ini Sempatkan ke Gereja untuk Sapa Jemaat Natal

"Semoga para penerima bantuan yang sudah mendapatkan bantuan bisa memanfaatkan bantuan Atensi itu dengan baik," sampainya.

Disisi lain Bupati Rejang Lebong, Drs Syamsul Effendi MM mengatakan, terima kasih banyak kepada Anggota DPR RI Komisi VIII, H M Sholeh bersama Kemensos RI telah memberikan perhatian kepada masyarakat Rejang Lebong.

Khususnya bagi penyandang disabilitas, semoga ini bisa dimanfaatkan dan menjadi penyemangat untuk mereka dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

"Kami dari Pemkab Rejang Lebong tentunya sangat berterimakasih, dimana para penyandang disabilitas di daerah kami mendapat perhatian khusus dari Pemerintah Pusat. Karena ada banyak daerah di Indonesia, tapi daerah kami jadi salah satu daerah yang terpilih untuk menerima bantuan ini," terang Bupati.

BACA JUGA:Kasat Binmas Polres Lebong Berganti

BACA JUGA:1.627 Sertifikat PTSL Mulai Disalurkan

Sementara itu, Kepala Sentra Dharma Guna Bengkulu, Syam Wuryani menerangkan, adapun bantuan Atensi Kemensos RI yang telah disalurkan tersebut antara lain bantuan motor roda 3 untuk 4 orang Rp 260.999.943, bantuan sembako KP Napza untuk 97 orang Rp 228.475.740, bantuan PPKS respon kasus untuk 9 orang Rp 42.593.000, bantuan walker untuk 2 orang Rp 1.256.000, bantuan tongkat kaki 3 untuk 2 orang Rp. 706.000, bantuan tongkat kaki 4 untuk 2 orang Rp 356.000, dan bantuan tongkat biasa untuk 1 orang sebesar Rp 225.750.

Dengan demikian total bantuan yang disalurkan untuk Kabupaten Rejang Lebong sebesar Rp 534.612.433.

Adapun RSPD lanjutnya, bantuan menjangkau 31 orang dengan rincian berupa tongkat netra 1 batang, kursi roda dewasa 1 unit, kursi roda anak 1 unit, 14 paket bantuan pemenuhan kebutuhan dasar, dan 14 paket modal usaha seperti salon, menjahit, keripik pisang, warung sembako, jahe herbal, bengkel, cabai dan lainnya.

BACA JUGA:Waspada Oknum Catut WA Warek II, Modus Tipu Pejabat

BACA JUGA:Ini Alasan Korban Persetubuhan Melapor

Syam juga menyatakan, berbagai intervensi Kemensos termasuk dengan bantuan merupakan upaya peneguhan komitmen negara untuk membangun kepedulian bagi perwujudan kemandirian, kesetaraan, dan kesejahteraan penyandang disabilitas.

"Kami juga terus mendorong pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas melalui program-program inklusif melalui sinergi dengan dinas sosial di seluruh Kabupaten/Kota di wilayah kerja Sentra “Dharma Guna” Bengkulu dan Lembaga-lembaga non pemerintah yang bergerak dalam pemenuhan hak disabilitas," imbuhnya.

Sumber: