Siap-Siap Jaksa Bakal Turun ke Desa

Siap-Siap Jaksa Bakal Turun ke Desa

DOK/CE Konferensi pers akhir tahun capaian Kinerja Kejari Rejang Lebong beberapa waktu lalu.--

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten REJANG LEBONG, tahun 2023 akan turun langsung ke desa-desa yang ada di Kabupaten REJANG LEBONG melalui program Jaksa Garda Desa (Jaga Desa).

Dikatakan Kajari Rejang Lebong, Yadi Rachmat Sunaryadi SH MH melalui Kasi Intel, David Johny SH bahwa Jaga Desa sebagai langkah kejaksaan dalam memastikan penggunaan dana desa (DD) yang diterima oleh desa benar-benar digunakan untuk kepentingan masyarakat.

"Makanya, untuk mengantisipasi penyelewengan penggunaan dana desa ini, sebagai langkah kami yakni dengan program Jaga Desa ini," ujarnya.

BACA JUGA:Puncak HAB ke-77 Diisi Upacara dan Pembagian Hadiah

BACA JUGA:DTU Rejang Lebong Bertambah, DD Berkurang

Menurut David, jika melalui program Jaga Desa ini akan dimulai dari tahapan perencanaan, rancangan APBDes hingga nantinya selesainya kegiatan.

Dimana program Jaga Desa ini juga sebagai bentuk pendampingan yang dilakukan terhadap tahapan-tahapan penggunaan DD.

"Karena banyak temuan kami, di desa yang desanya tidak paham terkait dengan tahapan-tahapan penggunaan DD nya. Sehingga kami harus masuk lebih awal, untuk menghindari penyelewengan DD. Mulai dari perencanaan, rancangan, musyawarah desa dan kemudian misalkan kegiatan fisik yang sudah selesai, akan dilihat sudah sesuai atau tidak dengan rancangan awal," sampainya.

BACA JUGA:29 Anggota Polres Lebong Naik Pangkat

BACA JUGA:Infonya Siang Ini Pembagian Seragam Gratis

Sementara itu, kata David ini juga dilakukan agar jangan sampai kembali terjadinya penyalahgunaan DD yang berujung pada perangkat desanya terlibat dengan hukum karena ketidaktahuan terhadap tahapan penggunaan DD.

Dimana ini juga menjadi komitmen Kejaksaan untuk meminimalisir penyalahgunaan DD di Kabupaten Rejang Lebong.

"Karena DD yang dikucurkan oleh pemerintah pusat ini besar, makanya penggunaannya juga harus tepat sasaran yang kepentingannya untuk kepentingan masyarakat," tandasnya.

Sumber: