Mulai Masuk Tahapan, 92 CJH Diminta Jaga Kesehatan

Mulai Masuk Tahapan, 92 CJH Diminta Jaga Kesehatan

DOK/CE 43 Jemaah asal Lebong saat berangkat haji tahun 2022.--

LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Sebanyak 92 kuota Calon Jemaah Haji (CJH) asal Kabupaten Lebong diminta untuk menjaga kesehatan menjelang keberangkatan haji tahun 2023.

Hal ini menyusul terbitnya surat edaran dari Kementerian Agama RI  tentang rencana perjalanan haji (RPH)  mulai dari awal masuknya jemaah ke asrama haji lalu terbang ke Tanah Suci, hingga kepulangan terakhir jemaah dari Madinah ke Indonesia.

Hal ini disampaikan Kepala Kemenag Lebong, Arief Azizi S Ag M H melalui Kasi Haji dan Umroh Hj Yuliana A Ma Pd.

"Ya pentingnya menjaga kesehatan mulai dari fisik, mental hingga persiapan keberangkatan. Karena mengingat beberapa bulan kedepan CJH asal lebong akan mulai memasuki tahapan -tahapan keberangkatannya tersebut," katanya.

BACA JUGA:Sstt !! 139 Pasutri Belum Miliki Buku Nikah Resmi

BACA JUGA:102 Pejabat Dirotasi, 3 Diantaranya Kepala OPD

Disebutkan Yuliana, sesuai dengan jadwal RPH, keberangkatan haji gelombang pertama tahun ini jatuh pada 3 Zulqa’idah 1444 H atau 23 Mei 2023 mendatang, yang mana nantinya setiap jemaah akan masuk asrama haji embarkasi.

"Setelah itu, di hari berikutnya jemaah haji gelombang pertama tersebut nantinya akan diberangkatkan secara bertahap ke Madinah Al-Munawwarah untuk menjalani Arbain atau salat berjamaah selama 40 waktu berturut-turut di Masjid Nabawi," ungkapnya.

Sementara itu masih dikatakan Yuliana untuk jemaah haji gelombang kedua dijadwalkan akan masuk asrama mulai 7 Juni mendatang yang dilakukan secara bertahap, mereka nantinya akan diberangkatkan dari Jeddah mulai 19 Zulqa’idah 1444 atau 8 Juni 2023 mendatang.

"Dan tahapan terakhir itu ibadah Wukuf yang akan di perkirakan di Arafah pada  27 Juni mendatang, kemudian pada 4 Juli mendatang, jemaah haji tersebut akan dipulangkan ke Tanah Air secara bertahap. Kemungkinan kedatangan jemaah haji di Indonesia dijadwalkan pada 16 Muharram 1445 atau 3 Agustus 2023," jelasnya.

BACA JUGA: 4 Pejabat Berangkat Diklat PIM III

BACA JUGA:Dinkes Kecipratan DAK Reguler Rp 3,5 M

Dengan dikeluarkan RPH keberangkatan haji tahun ini, Yuliana berharap agar kiranya semua Calon Jamaah Haji Kabupaten Lebong menjaga kesehatan sembari menunggu regulasi dari Kementerian Agama Pusat selanjutnya.

"Alhamdulillah untuk persiapan CJH Kabupaten Lebong saat ini seluruh pasport Jamaah sudah 100 persen selesai, tinggal lagi menunggu regulasi selanjutnya dari pemerintah pusat," singkatnya. 

Sumber: