Dam Saluran Irigasi Di Belumai 1 Dipagar Beton

Dam Saluran Irigasi Di Belumai 1 Dipagar Beton

MANSUR/CE Pagar beton putih sebelah jalan yang merupakan saluran irigasi yang di pagar tembok--

PUT, CURUPEKSPRESS.COM - Dam Saluran Irigasi yang berada di Desa Belumai 1 Kecamatan Padang Ulak Tanding (PUT) Kabupaten Rejang Lebong dipagari tembok beton.

Akibatnya lalu lalang warga yang hendak masuk untuk membuka pintu air yang ada di irigasi tersebut tidak bisa dilewati.

Selain itu, pagar tembok beton tersebut menutupi dan menghalangi pandangan masyarakat yang hendak melihat saluran irigasi Dam, padahal sebelum dipasangi pagar beton itu banyak warga khususnya muda-mudi sering mengambil foto Selfie di Dam yang juga tempat berteduh itu.

Untuk diketahui, jika saluran irigasi Dam di Desa Belumai 1 ini merupakan Dam pembangunan yang dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong untuk saluran irigasi dan air untuk kolam ikan.

Namun belum bisa dipastikan tanah yang di bangun tembok itu masuk ke lokasi tanah milik saluran irigasi apa milik warga.

Yang mana di dalam tembok yang dibangun itu di ketahui adanya kolam ikan serta gudang pelet ikan milik pengusaha ikan.

Salah satu warga yang enggan di sebutkan namanya  saat di temui menyebutkan sebelum dibangun tembok pagar itu, warga bisa lalu lalang ke Dam irigasi itu.

Baik membuka pintu air atau memancing serta pergi ke sawah.

"Namun semenjak dibangun tembok itu, warga tidak bisa ke pintu air karena tembok pagar yang tinggi dan pintunya selalu tertutup," kata warga setempat itu. 

Selain itu diakui sumber, tembok pagar yang tinggi itu saat ini juga menghalangi pandangan warga untuk melihat air yang ada di saluran irigasi Dam itu.

Dijelaskan, setahu dirinya di dalam tembok beton itu ada gudang penyimpanan pelet dan di atasnya juga ada kolam ikan milik pengusaha dari Kota Lubuklinggau. 

"Mungkin karena ada gudang dalam itu mereka membangun tembok pagar itu, tapi tembok yang dibangun itu berada di lokasi saluran irigasi Dam," ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris Desa Belumai 1 Yusup membenarkan adanya bangunan pagar tembok beton di lokasi saluran irigasi sungai Belumai. Pembangunan tembok pagar itu belum begitu lama dibangun. 

"Di dalam ada gudang penyimpanan pakan ikan atau pelet ikan dan di atasnya itu ada kolam ikan milik pak haji Riduan. Saluran irigasi itu merupakan Dam induk untuk saluran irigasi persawahan dan kolam ikan," jelasnya.

Sumber: