Pemkab Kembali Berencana Gelar Lelang Randis

Pemkab Kembali Berencana Gelar Lelang Randis

DOK/CE Kendaraan Dinas milik Pemkab Lebong.--

LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM – Pemerintah Kebupaten (Pemkab) LEBONG tahun ini kembali berencana akan melaksanakan lelang kendaraan dinas (Randis) dalam rangka meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Namun untuk jumlah randis yang bakal dilelang tersebut masih belum diketahui. Karena, Bidang Aset BKD Lebong saat ini tengah melakukan inventarisir aset bergerak tersebut yang tersebar di sejumlah OPD.

Kepala BKD Erik Rosadi S STP M Si melalui Kabid Aset BKD Lebong, Gundala SE mengatakan proses inventarisir yang dilaksanakan tahun ini dilakukan terhadap sejumlah kendis roda dua (R2) maupun roda empat (R4) yang ada di sejumlah OPD.

BACA JUGA:

Apabila dari hasil inventarisir tersebut, kendaraan dinilai layak, maka akan dimasukkan dalam daftar randis yang akan dilakukan lelang pada tahun ini.

“Saat ini kita belum tau berapa jumlah Randis yang akan masuk lelang, karena kita masih melakukan inventarisir,” katanya.

Disampaikannya, untuk tahapan pelaksanaan lelang kendis sendiri diakuinya masih cukup panjang.

Mengingat kendis yang dinilai layak dilakukan lelang nantinya akan terlebih dahulu dikumpulkan untuk selanjutnya dilakukan proses penilaian oleh Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP) sebagai pihak ketiga.

“Insyaallah tahun ini akan ada dilakukan lelang kendis. Karena juga anggaran sudah tersedia,” ungkapnya.

BACA JUGA:

Lebih jauh dikatakan Gundala, langkah ini dilakukan sebagai salah satu upaya penertiban aset. Disisi lain, kata dia, kegiatan lelang kendis diharapkan bisa menghasilkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Kita melakukan inventarisir Kendaraan yang akan masuk daftar lelang layak atau tidak untuk dilelang,” singkat Gundala.

Diketahui, tahun 2022 lalu, dari 32 unit kendis yang dilakukan lelang yang dilaksanakan pada tahun 2022 lalu. 2 pemenang lelang yang tidak melakukan pelunasan hingga batas waktu yang sudah ditentukan.

Yaitu untuk mobnas eks bupati jenis Land Cruiser BD 1202 HY dengan nilai penawaran tertinggi sebelumnya Rp 719.723.000. Serta mobnas jenis truck BD 8005 HY dengan nilai penawaran tertinggi sebelumnya Rp 113 juta.

Sumber: