Siswa SD Mulai Laksanakan SAS

Siswa SD Mulai Laksanakan SAS

Aziz/CE Pelaksanaan SAS di SDUA RL berjalan dengan tertib.--

CURUP, CURUPEKSPRESS.COM – Pelaksanaan sumatif akhir semester (SAS) akan dimulai pada tanggal 5 Juni mendatang.

SAS sendiri sebagai penentu kenaikan kelas siswa bagi kelas 1 hingga kelas 5 SD dan kelas 7 dan 8 SMP.

Akan tetapi dari pantauan wartawan ada beberapa SD di kabupaten Rejang Lebong sudah mulai melaksanakan sumatif akhir semester pada Senin (29/5) kemarin.

Adapun sekolah tersebut yakni sekolah yang berbasis keislaman, seperti halnya Sekolah Dasar Unggulan Aisyiyah (SDUA) dan SD Islam Terpadu Rabbi Radhiyya (SDIT RR) yang mulai melaksanakan sumatif akhir semester.

Dikatakan Kepala SDUA Rejang Lebong, Enilawati SPd melalui wakil kurikulum SDUA Rejang Lebong Wati Ningsih S PdI Gr bahwasanya memang sekolahnya lebih dulu dalam melaksanakan sumatif akhir semester.

BACA JUGA:

Hal tersebut dikarenakan sekolah tersebut mempunyai mata pelajaran keislaman, seperti Fiqih, Akidah Akhlak, Alquran Hadits, Sejarah Islam dan Muatan Lokal bahasa Arab yang membutuhkan waktu yang cukup lama dari sekolah sekolah umum lainya.

“Insyaallah memang hari ini memang kita sudah mulai melaksanakan sumatif akhir semester untuk penentuan kelas siswa kelas 1 hingga kelas 5,” ujar Wati Ningsih.

Dikatakan Wati bahwasanya di SDUA Rejang Lebong sendiri sistem belajar dan mata pelajaran berbeda dengan sekolah – sekolah Dasar pada umumnya.

Selain mempunyai penambahan beberapa mata pelajaran keislaman, sekolah tersebut juga menerapkan sistem belajar Full day school yang mana proses belajar mengajar yang dilakukan mulai pukul 06.45-15.00 dengan durasi istirahat setiap dua jam sekali.

“Apalagi sekolah kami saat ini dari kelas 1 hingga kelas 5 mempunyai sebanyak 27 rombel kelas dengan jumlah siswanya mencapai 703 orang yang memang membutuhkan waktu yang cukup lama dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar dan sumatif akhir semester ini,” jelasnya.

BACA JUGA:

Sementara dijelaskan oleh Kasi kurikulum SMP Dikbud Rejang Lebong, Eni Suryani MPd bahwasanya berdasarkan kalender pendidikan memang dijadwalkan pelaksanaan sumatif akhir semester tersebut pada 5 Juni mendatang, akan tetapi pada proses pelaksanaan kegiatan tersebut pihaknya serahkan sepenuhnya kepada masing – masing sekolah.

“Memang berdasarkan kaldik sumatif akhir semester SD dan SMP secara serentak akan dilaksanakan pada tanggal 5 Juni mendatang, akan tetapi jika sekarang sudah ada yang lebih dulu melaksanakan maka kami juga tidak melarang, karena kegiatan tersebut kami serahkan sepenuhnya kepada pihak sekolah, yang terpenting memang benar – benar dilaksanakan,” pungkasnya

Sumber: