5 Kecamatan Ini Terima Bantuan Peremajaan Sawit Rakyat di Rejang Lebong

5 Kecamatan Ini  Terima Bantuan Peremajaan Sawit Rakyat di Rejang Lebong

ILUSTRASI/NET Peremajaan Sawit Rakyat--

CURUP, CURUPEKSPRESS.COM – Sebanyak 5 kecamatan dalam Kabupaten Rejang Lebong tahun 2023 menerima bantuan program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) dari Kementerian Pertanian RI.

Dikatakan Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Peternakan (Distankan) Kabupaten Rejang Lebong, Ir Zulkarnain MT, bahwa program tersebut menyasar 100 hektare lahan perkebunan sawit warga Rejang Lebong.

“Tahun ini petani sawit di daerah kita mendapat bantuan program PSR dari pusat untuk 100 hektare yang tersebar di 5 kecamatan,” jelasnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan, adapun kelima kecamatan yang menerima program PSR dimaksud antara lain, Kecamatan Padang Ulak Tanding (PUT), Kota Padang, Sindang Beliti Ulu (SBU), Sindang Beliti Ilir (SBI) dan Kecamatan Binduriang.

BACA JUGA:

Sambungnya, bantuan yang diberikan pemerintah ini disalurkan melalui rekening kelompok tani.

Setiap hektare area penanaman sawit akan diberikan bantuan uang tunai senilai Rp 30 juta untuk pembelian bibit, pengolahan lahan, pembelian pupuk dan lainnya.

“Dana yang diberikan sebesar Rp 30 untuk setiap hektare lahan kebun sawit,” ujarnya.

Zulkarnain menjelaskan, untuk mendapatkan bantuan ini kalangan petani sawit harus bergabung dalam kelompok tani dan harus memenuhi beberapa kriteria di antaranya harus tergabung dalam kelompok tani sawit dan kebunnya sudah memiliki sertifikat.

“Sedangkan kriteria lain yakni perkebunan sawit yang dimiliki sudah tidak produktif lagi atau telah berumur lebih dari 15 tahun dan produksinya tidak sesuai dengan yang seharusnya atau rendah, dan tanamannya menggunakan bibit asalan,” bebernya.

BACA JUGA:

Pihaknya berharap program peremajaan sawit rakyat atau PSR dari Kementerian Pertanian yang menyasar 100 hektare kebun warga di daerah itu segera direalisasikan.

“Sangat diharapkan program ini segera terealisasi sehingga nantinya bisa membantu petani sawit agar kebunnya bisa menghasilkan buah yang bagus ke depannya,” katanya.

Dirinya juga menuturkan, selain mendapat program PSR, petani di lima kecamatan tersebut juga akan mendapatkan program jalan usaha tani atau JUT sebagai pendukung perkebunan sawit rakyat oleh pihak Kementerian Pertanian dengan panjang 3 kilometer. 

Sumber: