Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi Menjadi Target BPN Rejang Lebong

 Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi  Menjadi Target BPN Rejang Lebong

ARI/CE Pelayanan masyarakat di Kantor ATR/BPN Rejang Lebong.--

CURUP, CURUPEKSPRESS.COM – Kantor Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kabupaten Rejang Lebong, menargetkan di tahun 2023 telah menyandang predikat  Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK).

Ini sebagaimana dikatakan Kasubag Tata Usaha, Ridha Noprananda, sesuai dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi nomor 52 tahun 2014 tentang Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi serta Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani.

“Zona Integritas merupakan predikat bagi instansi pemerintah yang memiliki komitmen mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) sebagai upaya mencegah korupsi,” jelasnya.

BACA JUGA:

Lanjut Ridha, berbagai upaya dan langkah menuju ZI WBK pun hingga kini sudah dilakukan. Salah satu yang umum ialah ATR/BPN Rejang Lebong telah melaksanakan pelayanan di bidang pertanahan, baik yang bersifat strategis nasional maupun rutin.

“Banyak upaya yang sejak tahun 2020 lalu kita lakukan untuk bisa menyandang predikat ZI WBK,” katanya

Dari sisi pelayanan, ia menyebutkan, mulai dari layanan one day service terhadap permohonan royal, pengecekan, peningkatan hak dan peralihan hak, lalu inovasi Wasapan (informasi seputar keperluan pemohon secara online melalui WhatsApp), layanan khusus disabilitas dan lansia, taman anak-anak, pojok minum, ruang laktasi dan lain sebagainya sebagai penunjang menuju ZI WBK.

BACA JUGA:

“Banyak inovasi yang sudah kami lakukan dalam tiga tahun terakhir ini,” ujarnya.

Sambung dia, bahkan semua persyaratan untuk bisa menyandang predikat ZI WBK sudah masuk dan diusulkan ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Birokrasi Reformasi (Kemenpan RB).

Ditambahkannya, ATR/BPN Rejang Lebong sudah lulus penilaian dari Tim Penilai Internal (TPI) Kemenkumham RI.

“Sekarang tahapannya kita sudah masuk ke Kemenpan RB, tinggal menunggu hasilnya,” tukas Ridha. 

BACA JUGA:

Sumber: