Telan Biaya Hingga Rp 1,2 Miliar, Puluhan Kades di Lebong ‘Terbang’ ke Bandung

Telan Biaya Hingga Rp 1,2 Miliar, Puluhan Kades di Lebong ‘Terbang’ ke Bandung

Reko Haryanto--

LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM – Puluhan Kepala Desa (Kades) sejak Senin (5/6) kompak meninggalkan Kabupaten LEBONG.

Usut punya usut, puluhan Kades tersebut diketahui pergi ke Bandung untuk mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) pelatihan administrasi desa.

Menariknya, biaya yang dikeluarkan cukup fantastis mencapai Rp 1,2 Miliar.

Data terhimpun CE, untuk satu orang aparatur desa ditarif Rp 8 juta untuk biaya Bimtek, ditambah lagi Rp 5 juta untuk biaya travel.

Jadi, perorang harus mengeluarkan biaya Rp 13 juta di luar tiket pesawat.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Lebong Reko Haryanto S Sos MSi saat  dikonfirmasi Selasa (6/6) membenarkan keberangkatan para Kades di Lebong ke Bandung tersebut.

BACA JUGA:

“Keberangkatan mereka (kades, red) ke Bandung ini dalam rangka mengikuti bimtek pelatihan administrasi desa,” kata Reko.

Lebih jauh, para Kades yang berangkat ke Bandung ini kurang lebih diikuti sebanyak 80 kades yang tersebar di Kabupaten Lebong.

Sedangkan mengenai biaya bimtek sendiri ditanggung oleh masing-masing kades.

Reko menambahkan pada intinya keberangkatan para Kades di Lebong mengikuti bimtek di bandung ini untuk meningkatkan kapasitas dan ini adalah program dari masing-masing desa dan bukan dari Pemda Lebong.

“Untuk jumlah kades yang mengikuti bimtek kita belum mendapat data detail dari pelaksana kegiatan, dan mengenai kehadiran kami (PMD, red) di Bandung ini hanya memenuhi undangan saja,” tukasnya.

BACA JUGA:

Sumber: