Lontar Jumrah 12 JH Kepahiang Diwakilkan

Lontar Jumrah 12 JH Kepahiang Diwakilkan

IST/CE JH Kepahiang tahun 2023.--

KEPAHIANG, CURUPEKSPRESS.COM - Pada pelaksanaan pelontaran jumrah yang akan dilaksanakan pada 12,13,14 Dzulhijah ini.

Sebanyak 12 jemaah haji (JH) asal Kabupaten Kepahiang, yang diketahui kondisinya lanjut usia (Lansia) ataupun duduk di kursi roda, akan diwakilkan pelaksanaan pelontaran jumrah nya. 

Kepala Kantor (Kakan) Kementerian Agama (Kemenag) Kepahiang Drs Albahri MSi melalui Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Zulfakar Alamsyah SAg mengatakan, 12 nama JH yang akan diwakili proses pelontaran jumrah nya antara lain Subaidah Abu Talib, Netty Rukmini Aidil, Maya Zainul Samud, Rahamanah, Nurul Husni Siin, Maluna Abd Sudin, Nurhayati Udil Kiong, Yahima Jaris Taris, Basaria Mat Amiin, Yunus Mas Tenang, Kali Rajo Mamad,Surmidi Panji Unir,Maryani Japri Muktar dan juga Martina Gimo Kasan.

BACA JUGA:

"Sesuai informasi dari ketua rombongan yang dihimpun dari para karu. Ada 12 JH asal Kabupaten Kepahiang yang pada pelaksanaan melontar jumrah nanti diwakilkan, dan mereka itu terdiri dari beberapa regu," ujar Zulfakar.

Dijelaskan Zulfakar, memang salah satu wajib haji adalah melempar jumrah, yang dibarengi dengan kewajiban mabit atau menginap di Mina.

Namun karena jarak antara pemondokan di Mina dengan area melempar jumrah sekitar 4 KM.

Dikhawatirkan kondisi JH Lansia sangat beresiko tinggi jika melakukannya sendiri.

Apalagi pelaksanaan jumrah dilaksanakan serentak oleh ribuan jemaah.

"Dengan kondisi tersebut, jemaah Lansia memiliki risiko tinggi terhadap gangguan kesehatannya. Jadi boleh diwakilkan pelontaran jumrah nya oleh regu yang lain sesuai dengan aturan dan tata cara yang ditetapkan," singkat Zulfakar. 

BACA JUGA:

Sumber: