Diskominfo Bakal Monitoring Penggunaan TTE di OPD-OPD

Diskominfo Bakal Monitoring Penggunaan TTE di OPD-OPD

Dodi Sahdani--

CURUP, CURUPEKSPRESS.COM - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Rejang Lebong, menyebut jika pihaknya bakal melakukan monitoring terhadap penggunaan Tanda Tangan Elektronik (TTE) dalam aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong.

Seperti yang tertuang dalam Peraturan Presiden No 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

SPBE ditujukan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya.

Kepala Diskominfo Kabupaten Rejang Lebong, Dodi Sahdani SSos MSi mengatakan, monitoring tersebut dilakukan dengan mendatangi sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang sebelumnya telah dilakukan bimbingan teknis dan mengetahui perkembangan penggunaan TTE setiap OPD.

"Jadi beberapa waktu lalu OPD-OPD di lingkup Pemkab Rejang Lebong sudah dilakukan sosialisasi alias bimtek terkait penggunaan TTE pada aplikasi SRIKANDI. Dan rencananya pekan depan kami akan memonitoring OPD-OPD tersebut apakah sudah menerapkan TTE atau belum," jelas Dodi.

BACA JUGA:

Ia melanjutkan, adapun OPD yang sudah menerapkan TTE sejauh ini baru ada 6 OPD di tambah Bupati dan Sekda.

Keenam OPD dimaksud antara lain Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (Dispusip), Diskominfo, Sekretariat Daerah, Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD), Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM).

"Kalau OPD baru 6 itu saja yang sudah menerapkan TTE dalam mengurus surat menyurat alias pengelolaan administrasi perkantoran," jelasnya.

Masih dikatakan Dodi, ada sejumlah manfaat penerapan TTE dalam administrasi perkantoran yakni diantaranya penataan surat menyurat lebih baik, lalu konsistensi dengan menunjukkan data yang valid seperti tanggal, alamat dan tidak bisa ditiru, kemudian perintah dari atas ke bawah bisa dilakukan dimanapun tidak mesti dari kantor.

"Jadi ada banyak memang manfaat atau kelebihan menerapkan TTE ini," tukasnya. 

BACA JUGA:

Sumber: