Bupati, Sekda dan 6 OPD di Rejang Lebong Sudah Manfaatkan TTE, Apa Itu?

Bupati, Sekda dan 6 OPD di Rejang Lebong Sudah Manfaatkan TTE, Apa Itu?

ARI/CE Kadis Kominfo tunjukan contoh TTE pada dokumen fisik.--

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Dalam upaya mewujudkan sistem pemerintahan yang berbasis elektronik, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten REJANG LEBONG terus mensosialisasikan penerapan aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI).

Yang di dalamnya terdapat tanda tangan elektronik (TTE).

Kadis Kominfo Rejang Lebong, Dodi Sahdani SSos MSi mengatakan, di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong sejauh ini yang sudah memanfaatkan TTE antara lain Bupati, Sekda dan 6 Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

BACA JUGA:

"Setelah disosialisasikan sejak Maret lalu, Bupati, Sekda dan ditambah dengan 6 OPD di lingkup Pemkab Rejang Lebong sudah manfaatkan TTE," ungkapnya.

Adapun 6 OPD dimaksud, kata Dodi, antara lain Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (Dispusip), Diskominfo, Sekretariat Daerah, Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD), Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM). Bahkan sejauh ini bimbingan teknis (Bimtek) terkait penggunaan TTE melalui aplikasi SRIKANDI tersebut sudah dilakukan di seluruh OPD.

"Kalau Bimtek sosialisasi sudah seluruh OPD kita laksanakan, cuma memang yang memanfaatkan belum optimal dan belum banyak," ujarnya.

Dilanjutkannya, pada Senin (26/6) hari ini pihaknya berencana akan melakukan monitoring ke masing-masing OPD untuk memastikan agar OPD-OPD yang belum juga bisa segera menggunakan TTE.

BACA JUGA:

"Beberapa hari lalu ada surat dari Sekda untuk kami memonitoring terkait pemanfaatan TTE itu ke OPD-OPD," ucapnya.

Sementara itu, untuk kecamatan-kecamatan belum dilakukan bimtek, namun nantinya 15 kecamatan itu juga akan menerima bimtek terkait pemanfaatan TTE di aplikasi SRIKANDI.

"Kecamatan memang belum, tapi nanti akan menyusul. Untuk sekarang kami fokus dulu di OPD yang masih banyak yang belum pakai TTE," jelasnya.

Sesuai dengan instruksi, Dodi menuturkan, hingga akhir Desember 2023 mendatang ditargetkan seluruh OPD di lingkungan Pemkab Rejang Lebong sudah 100 persen memanfaatkan TTE.

BACA JUGA:

Sumber: