Sebelum Pelantikan, Dewan Minta Sengketa Pilkades Selesai

Sebelum Pelantikan,  Dewan Minta Sengketa Pilkades Selesai

M Ali ST--

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Anggota DPRD Rejang Lebong, M Ali ST meminta Bupati menyelesaikan sejumlah persoalan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades), sebelum dilakukan pelantikan kades terpilih.

Hal ini disampaikan politisi partai Gerindra tersebut secara langsung dalam paripurna jawaban eksekutif oleh bupati Rejang Lebong

"Adapun pilkades yang terselenggara sukses 92 % ini, kita minta pada bupati dan jajaran untuk menyelesaikan persoalan yang 8%, jangan sampai ini menyisakan masalah dikemudian hari," sampai M Ali ST, dalam skorsing Paripurna, kemarin di Rejang Lebong.

Dikatakannya, jika pertama menyelesaikan pilkades Desa Batu Dewa, Kampung Jeruk, dan juga yang lain yang masih menuai protes.

 

BACA JUGA:

 

Serta menyelesaikan juga secara transparan akuntabel, terlebih dengan pertanggungjawaban Anggaran Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD), sebagaimana saat ini ada 3 komando yang menjadi penanggung jawab, pertama kades lama, plt Kades dan nantinya kades baru terpilih.

"Inspektorat dalam hal ini kita minta benar - benar bisa celi dalam melihat dan menyelesaikan mana tanggung jawab siapa, dan apa tanggung jawab siapa, agar tidak menimbulkan masalah lempar melempar tanggung jawab," ungkapnya.

Serta ada juga yang kerap menjadi masalah dalam pelantikan kades terpilih, yakni mengenai pemberhentian dan pengangkatan perangkat desa, yang harus benar - benar menetapkan sesuai dengan aturannya. Sehingga menurutnya jangan sampai ada pihak - pihak yang dirugikan, dan diharapkan pemerintah juga serius dalam menyikapi ini.

"Ini kita sampaikan secara langsung agar bupati dan jajaran serius menyikapi, pasalnya masalah - masalah tersebut kerap menjadi masalah," pungkasnya. 

BACA JUGA:

Sumber: