Meski Berukuran Kecil Ternyata Tauge Memiliki Banyak Khasiat

Meski Berukuran Kecil Ternyata Tauge Memiliki Banyak Khasiat

--

HEALTH, CURUPEKSPRESS.COMTauge adalah sayuran yang populer, bergizi tinggi dan mudah dicerna. Tauge tidak hanya enak, tetapi juga memiliki berbagai efek.

Ini karena kecambah mengandung serat, antioksidan, vitamin E, vitamin K, asam folat, vitamin B, serta mineral dan vitamin penting lainnya.

Selain itu toge juga kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh. Tauge segar memiliki sangat sedikit kalori per 100 gram sekitar 34 kalori dan 1 gram lemak.

Pada takaran yang sama, toge bisa memberikan 3 gram protein.  Secara umum, sekitar 50-100 gram tauge segar per hari dapat menjadi bagian dari pola makan sehat.

Berikut manfaat sayur toge atau tauge untuk kesehatan jika kamu konsumsi secara rutin:

 

  • Meningkatkan metabolisme

Tauge mengandung enzim yang sangat berguna dalam proses metabolisme tubuh. Kecambah ini juga kaya akan protein yang dibutuhkan tubuh untuk menjalankan fungsi kimiawinya dengan lebih optimal.

Protein diperlukan untuk hampir setiap proses tubuh, termasuk pembentukan sel, perbaikan organ, regenerasi kulit, dan pertumbuhan tulang.

Tauge sangat dianjurkan untuk vegetarian karena menyediakan sumber protein alternatif yang biasanya ditemukan dalam daging.

 

Mencegah Anemia

Khasiat tauge tidak hanya dapat meningkatkan metabolisme tubuh, tetapi juga mencegah anemia. Anemia adalah istilah medis untuk orang yang menderita kekurangan zat besi.

Kekurangan zat besi menyebabkan penurunan jumlah sel darah merah. Ini karena jenis mineral ini merupakan bagian penting dari produksi sel darah merah.

 

Sumber: