CATAT!! 5 Bansos Ini Cair Minggu Depan

CATAT!! 5 Bansos Ini Cair Minggu Depan

ILUSTRASI/CE Bansos --

NASIONAL, CURUPEKSPRESS.COM - Kabar gembira bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang ada di Indonesia. Pasalnya, Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia akan melakukanzdan mulai dicairkan pada Minggu depan pada bulan Agustus 2023.

Bansos ini diketahui sebagai salah satu perlindungan sosial untuk masyarakat yang membutuhkan. Dimana Bansos ini di masa pemerintahan Presiden Ir Joko Widodo, dikucurkan dalam jumlah yang besar dan terbagi dari beberapa jenis Bansos. Adapun 5 jenis Bansos yang bakal cair pada Minggu depan, diantaranya : 

1. Program Keluarga Harapan 

PROGRAM Keluarga Harapan atau PKH ini merupakan program pemberian bansos bersyarat kepada keluarga miskin. Penerima bantuan jenis ini tidak dilakukan sembarangan, karena harus terdaftar dan ditetapkan sebagai KPM PKH. Program ini juga sebagai upaya percepatan penanggulangan kemiskinan di Indonesia. 

Untuk jenis bansos ini, juga disesuaikan dengan komponen yang ada di dalam penerima manfaat. Terutama pada komponen anak sekolah yang terdaftar dalam data pokok pendidikan atau Dapodik dan EMIS. 

2. BLT Kemiskinan Ekstrem

BANTUAN Langsung Tunai (BLT) kemiskin ekstrem ini, akrab disebut dengan BLT Dana Desa (BLT-DD). Besaran yang diterima setiap penerima manfaat sebesar Rp 300 ribu perbulan. 

Penerima bantuan mulai dari lansia, mereka yang memiliki penyakit menahun, keluarga non job hingga mereka yang dikategorikan sebagai kalangan disabilitas. 

BACA JUGA:

3. Kartu Indonesia Sehat

KARTU Indonesia Sehat atau akrab disebut KIS. Penerima KIS ini akan menerima bantuan sebesar Rp 42 Ribu perbulan. Pemegang KIS ini dapat digunakan untuk akses pelayanan kesehatan.

4. BPNT Sembako

BPNT ini merupakan kepanjangan dari Bantuan Pangan Non Tunai. Penerima bantuan jenis ini mendapat bantuan sembako dengan nilai Rp 200 ribu perbulan. 

5. Program Indonesia Pintar

Sumber: