Rotasi 129 ASN, Bupati Kepahiang Ngaku Bingung soal Ini

Rotasi 129 ASN, Bupati Kepahiang Ngaku Bingung soal Ini

Ilustrasi ASN peserta mutasi saat menandatangani SK.-Dok/CE-

KEPAHIANG, CURUPEKSPRESS.COM - Setelah sebelumnya terus mencuat isu mutasi akan dilaksanakan pada bulan Juli 2023 lalu.

Akhirnya pada Selasa (1/8) kemarin pelaksanaan mutasi dan rotasi jabatan ASN eselon II, III, dan IV Kabupaten Kepahiang dilaksanakan.

Dimana dari pelaksanaan rotasi yang dilaksanakan, ada sebanyak 129 ASN yang dirotasi oleh Bupati Kepahiang Dr Ir Hidayattullah Sjahid MM IPU. 9 orang merupakan pejabat setara eselon II, dan 120 orang lainnya merupakan ASN eselon III dan IV.

Diakui bupati, beberapa waktu lalu dirinya sempat bingung terhadap pelaksanaan mutasi dan rotasi tersebut. Karena dikatakannya, saat ini SDM yang ada di Kabupaten Kepahiang belum cukup memadai untuk seluruh jabatan yang ada di ruang lingkup kerja Kabupaten Kepahiang.

BACA JUGA:

"Jujur saya akui, kita ini di Kepahiang masih kekurangan SDM. Karena nya beberapa waktu lalu saya sempat bingung untuk melakukan rotasi ini. Namun untuk eselon II sendiri, akhirnya kita menemukan komposisi yang pas sesuai rekomendasi KASN," ujar bupati.

Bahkan dikatakan bupati, karena terbatasnya SDM yang sesuai dengan komposisi. Pasca pelantikan ini masih ada 3 jabatan eselon II yang masih kosong.

Seperti Kasatpol PP dan Damkar, BPBD, dan juga Inspektorat. Sehingga dikatakannya, untuk saat ini jabatan tersebut diisi sementara oleh Plt nya.

"Masih ada 3 jabatan Kepala Dinas atau Badan yang masih dikosongkan. Karena memang, belum ada pejabat yang cocok untuk mengisi jabatan kosong tersebut. Jadi tidak bisa kita paksakan jabatan itu harus diisi dengan buru-buru, karena pangkat dan pengalaman menjadi syarat untuk mengisi jabatan kosong itu," ungkap bupati.

Karena nya dijelaskan bupati, terkait dengan beberapa jabatan kosong tersebut nantinya kemungkinan besar akan dilelang.

Hanya saja dirinya tetap menginginkan, pejabat yang mengisi kekosongan tersebut merupakan pejabat di Kabupaten Kepahiang.

BACA JUGA:

"Untuk jabatan kosong, tentu akan dilelang. Namun sebisa mungkin, kita tidak akan menggunakan pejabat eselon II dari luar Kabupaten Kepahiang," terangnya.

Sementara itu disampaikan Sekda Kepahiang Dr Hartono MPd, terkait dengan pelantikan 129 ASN yang dirotasi tersebut, sifatnya adalah mutlak.

Sumber: