Sebelum Dikomplain Sampah Menggunung di TPA Guru Agung Dibersihkan

Sebelum Dikomplain  Sampah Menggunung di TPA Guru Agung Dibersihkan

IST/CE Kegiatan pembersihan sampah pada TPA Guru Agung, Selasa kemarin.--

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Tampak semerawut, Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Guru Agung yang terletak di wilayah Kecamatan Kota Padang, dibersihkan alias di nol kan.

Petugas kebersihan dari DLH Rejang Lebong turun langsung untuk membersihkan tumpukan sampah tersebut.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Rejang Lebong, Dhendi Novianto SKM melalui Kabid Pengelolaan Persampahan, Andi Purwanto mengatakan, sebelum adanya komplain dari masyarakat maka dengan sigap pihaknya turun untuk membersihkan TPA tersebut.

"Kami baru saja mensterilkan TPA Guru Agung karena kondisinya yang sudah semerawut dan tidak terkondisikan," sampainya.

Ia melanjutkan, dimana posisi sampah tampak menggunung tepat di sisi jalan lintas kecamatan. Jelas kondisi tersebut selain tidak enak dipandang juga jelas mengganggu penciuman siapapun yang melintas.

"Sampah yang menggunung di pinggir jalan itu kita buang/gusur ke bawah jurang yang memang masih kawasan TPA lahan milik Pemkab," bebernya.

BACA JUGA:

Menurut dia, jalan tersebut dilintasi warga 2 kecamatan yakni Kecamatan Sindang Beliti Ilir dan Kota Padang dalam Kabupaten Rejang Lebong.

"Ada dua kecamatan di dalam sana, jadi sebelum adanya komplain dari masyarakat atau pihak tertentu, ya kami inisiatif sendiri untuk bertindak lebih dulu," ujarnya.

Dijelaskan Andi, sejumlah personel petugas kebersihan (pesapon) dikerahkan untuk membersihkan sampah liar dari jenis sampah rumah tangga yang berada di sisi jalan pada TPA Guru Agung.

Selain personel, pihaknya juga menerjunkan satu unit alat berat jenis Excavator untuk mengangkut sampah yang menggunung. Sebab hampir tidak mungkin apabila dilakukan secara manual oleh tangan petugas.

Pihaknya mengimbau, kepada seluruh masyarakat agar dapat menjaga kebersihan lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan.

"Apabila perlu pelayanan terkait masalah sampah, bisa segara menghubungi Dinas Lingkungan Hidup, ini supaya kita langsung angkut dari lokasi sampah. Misalkan dari rumah langsung, jadi tidak menimbulkan sampah liar yang berserakan dimana-mana," tandasnya. 

BACA JUGA:

Sumber: