Berikut Ini Manfaat Penerapan TTE

Berikut Ini Manfaat Penerapan TTE

Dodi Syahdani--

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM  - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong telah berkomitmen akan menerapkan tanda tangan elektronik (TTE) pada setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di wilayahnya.

Sebagaimana dikatakan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Rejang Lebong, Dodi Syahdani SSos jika penerapan TTE sendiri tidak serta merta peralihan dari manual ke digital semata, namun ada sejumlah manfaat yang didapat dengan menerapkannya.

"Pemerintah menginstruksikan adanya penerapan TTE itu bukan tanpa alasan, namun ada beberapa keuntungan atau manfaat yang didapat dari peralihan sistem tersebut," katanya.

BACA JUGA:

Lebih lanjut ia menerangkan, adapun sejumlah manfaat penerapan TTE dalam administrasi perkantoran yakni diantaranya penataan surat menyurat menjadi lebih baik, lalu konsistensi dengan menunjukkan data yang valid seperti tanggal, alamat dan tidak bisa ditiru, kemudian perintah dari atas ke bawah bisa dilakukan dimanapun tidak mesti dari kantor.

"Jadi ada banyak manfaat atau kelebihan menerapkan TTE dalam sistem pemerintahan dan administrasi perkantoran," bebernya.

Seperti yang tertuang dalam Peraturan Presiden No 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). SPBE ditujukan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya.

BACA JUGA:

Sambung Dodi, sejauh ini sudah ada Bupati, Sekda dan 6 OPD sudah menerapkan. Diantaranya Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (Dispusip), Diskominfo, Sekretariat Daerah, Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD), Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM).

Bahkan sejauh ini bimbingan teknis (Bimtek) terkait penggunaan TTE melalui aplikasi SRIKANDI tersebut sudah dilakukan di seluruh OPD.

"Kami juga sudah Bimtek sosialisasi ke seluruh OPD, cuma memang yang memanfaatkan belum optimal, tapi ini akan guyur berjalan," pungkasnya.

BACA JUGA:

Sumber: