CATAT, Begini Cara Mudah Cek BI Checking Via Online

CATAT, Begini Cara Mudah Cek BI Checking Via Online

Screenshot BI checking. -Ist-

EKONOMI BISNIS, CURUPEKSPRESS.COM - Memahami BI Checking ketika kamu ingin mengajukan pinjaman melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR) tahun 2023 menjadi salah satu point yang sangat penting untuk diketahui.

Hal ini karena melalui proses pengecekan ini, kamu dapat mengetahui sejarah kredit yang dapat mempengaruhi persetujuan permohonan pinjaman selanjutnya. 

Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), BI Checking merupakan evaluasi sejarah kredit dalam sistem informasi debitur Bank Indonesia yang dilakukan oleh debitur. Sistem ini berisi catatan dan informasi tentang nasabah yang memiliki pinjaman.

Dengan menggunakan sistem ini, akan dapat diketahui apakah sejarah kredit nasabah tersebut baik atau mengalami masalah.

Informasi ini kemudian digunakan sebagai pertimbangan untuk menentukan apakah pengajuan kredit berikutnya disetujui atau tidak.

Saat ini BI Checking yang sebelumnya dikelola oleh Bank Indonesia (BI) telah berubah menjadi Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) yang dikelola oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Meskipun ada perubahan nama, SLIK OJK memiliki fungsi yang serupa dengan BI Checking. SLIK OJK digunakan untuk mendukung pengawasan dan penyediaan informasi di sektor keuangan guna meningkatkan disiplin dalam industri keuangan.

BACA JUGA:

Ajukan KUR Lewat BSI Syariah Tanpa Bunga dan Bebas Riba, Ini Keuntungan dan Ketentuannya

KUR BRI Ditolak, Ini Solusinya.. Pencairan Hingga Ratusan Juta

Layanan ini berguna untuk memperlancar proses penyediaan dana, manajemen risiko kredit atau pembiayaan, penilaian kualitas debitur, serta verifikasi dalam kerja sama antara pelapor SLIK dengan pihak ketiga.

Melalui sistem ini, nasabah juga dapat meminta informasi tentang debitur atas nama mereka kepada OJK atau kepada pelapor SLIK.

Bagi yang kamu ingin mengetahui informasi sejarah pinjaman atau skor kredit untuk mengajukan cicilan selanjutnya, berikut adalah cara untuk memeriksa BI Checking atau SLIK OJK seperti yang dijelaskan di bawah ini. Untuk melakukan pengecekan BI Checking atau SLIK OJK secara online, Anda perlu memenuhi beberapa persyaratan dan mengikuti langkah-langkah berikut:

Persyaratan

Sumber: