Asal Mula Nama Dusun Kroya di Desa Taba Tebelet Kepahiang

Asal Mula Nama Dusun Kroya di Desa Taba Tebelet Kepahiang

IST/CE Tampak perumahan di Dusun Kroya.--

KEPAHIANG, CURUPEKSPRESS.COM - Dusun Kroya adalah salah satu dusun di Desa Taba Tebelet Kecamatan Kepahiang yang ada di Kabupaten Kepahiang.

Nama Kroya pada dusun ini sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Desa Taba Tebelet Kepahiang. Dimana Kroya berarti pohon besar dan tinggi.

Konon ceritanya, pada zaman dahulu ada sebuah pohon besar yang tinggi menjulang di kawasan dusun IV Desa Taba Tebelet ini. Saking tingginya, pohon ini masih terlihat oleh warga yang berada di Pasar Kepahiang.

"Kroya itu artinya pohon besar dan tinggi. Dulu ada pohon besar yang tinggi. Sangking tingginya, pohon itu terlihat sampai Pasar Kepahiang," ujar Iwan Asyori yang merupakan salah seorang warga Dusun Kroya.

Dirinya juga menjelaskan, tidak ada cerita yang jelas kapan pohon besar dan tinggi itu akhirnya mati atau ditebang. Namun, warga Desa Taba Tebelet sejauh ini sudah terbiasa menyebut kawasan ini dengan sebutan Kroya. Oleh sebab itu lanjutnya, wajar jika nama perumahan yang berada di dusun ini menggunakan nama Kroya.

"Itulah kenapa sampai ada perumahan dibangun, tetap memakai nama Kroya," ungkapnya.

Untuk diketahui, dusun Kroya ini berkembang pesat selama 13 tahun ini. Tak hanya bertambahnya rumah-rumah penduduk di seputaran Jalan Kroya. Namun karena banyak berdirinya beberapa perumahan di sekitaran Dusun Kroya ini membuat Dusun Kroya terus berkembang.

Selain itu, letak dusun Kroya ini juga berada dekat pusat pemerintahan Kabupaten Kepahiang. Sehingga membuat dusun ini menjadi lokasi strategis untuk berinvestasi. Ini terbukti dengan berdirinya beberapa perumahan di dusun ini, yakni Kroya Duta Persada, Villa Kroya Indah dan Kroya Raflesia Sejahtera pada tahun 2010, dan juga investasi lainnya.

BACA JUGA:

 

Sering Disebut Bagian dari Desa Kuto Rejo

 

Dusun IV Desa Taba Tebelet atau Dusun Kroya ini sangat sering disebut bagian dari Desa Kuto Rejo. Pasalnya, Jalan Kuto Rejo langsung terhubung dengan Jalan Kroya. Dusun Kroya memang berbatasan langsung Desa Kutorejo.

Bahkan banyak warga di Kepahiang lebih paham dengan menyebut Perumnas Kuto Rejo ketimbang Perumnas Taba Tebelet untuk menyebut sejumlah perumahan yang ada di Dusun Kroya.

Sumber: