AKREL Gelar PKKMB 2023, Diikuti Puluhan Mahasiswa Baru

AKREL Gelar PKKMB 2023, Diikuti Puluhan Mahasiswa Baru

IKE/CE Direktur foto bersama calon mahasiswa baru AKREL.--

CURUPEKSPRESS.COM - Akademi Komunitas Negeri Rejang Lebong (AKREL) menyelenggarakan Pengenalan Kehidupan Kampus dan Menentukan Karakter Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun 2023. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini diikuti oleh puluhan mahasiswa baru.

Direktur AKREL, Ir Joko Hartono SS MTA mengatakan, calon mahasiswa baru wajib memahami bahwa dunia sekolah tentu sangatlah berbeda dengan dunia perkuliahan.

Dimana waktu di sekolah mereka masih banyak dibimbing dan dibantu oleh para guru, namun di perkuliahan mereka harus bisa mengerjakan tugas-tugas secara mandiri.

"Mereka harus tahu bedanya di sekolah dengan di perkuliahan itu berbeda, di sini mereka diajarkan untuk lebih mandiri dalam mengerjakan tugas-tugas mereka," jelasnya.

BACA JUGA:

Menurut Direktur, AKREL adalah pilihan yang tepat untuk menggapai masa depan yang lebih baik. Karena Kampus AKREL berfokus pada mengasah keterampilan kerja dan bukan semata kemampuan akademik.

"Bahkan di Kampus AKREL ini para mahasiswa akan lebih banyak praktek ketimbang teori untuk mengasah skill mereka per individu," ujarnya.

Para calon mahasiswa baru ini masuk di 3 program studi (Prodi) yang ada di Kampus AKREL. Mulai dari Prodi Budidaya Tanaman Hortikultura, Prodi Teknologi Produksi Ternak Unggas dan Prodi Budidaya Perikanan Air Tawar.

Terpisah, Ketua Panitia PKKMB AKREL, Indriati Meilina Sari SIP MSi menjelaskan pada hari pertama Rabu (13/9) kemarin calon mahasiswa baru mengikuti kegiatan kuliah umum yang diisi oleh pihak kampus.

Kemudian di hari kedua ini sesuai dengan jadwal, para calon mahasiswa baru mengikuti latihan peraturan baris berbaris (PBB) yang difasilitasi dan dikomandoi oleh Koramil Simpang Nangka. Kemudian lanjut kegiatan kedua edukasi penyalahgunaan narkoba oleh perwakilan Polda Bengkulu, lalu giat ketiganya materi tentang penanaman karakter mahasiswa baru oleh Rumah Psikologi.

BACA JUGA:

"Jadi untuk hari kedua ini, itu benar-benar full pengenalan karakter masing-masing calon mahasiswa baru," tuturnya.

Ia melanjutkan, sehingga melalui kegiatan di hari kedua ini calon mahasiswa baru harus mampu memunculkan karakternya. Jangan hanya menjadi mahasiswa kupu-kupu alias kuliah pulang kuliah pulang.

Sambungnya, lalu yang terakhir ada kegiatan deklarasi kampus bebas kekerasan seksual,  perlindungan dan intoleransi dari Satgas PPKS.

"Harapan kami dengan telah mengikuti rangkaian kegiatan PKKMB yang digelar ini, mereka sebagai mahasiswa nanti bisa lebih semangat, bisa lebih mengembangkan karakternya, lalu bisa lebih mandiri dan jiwa sosialnya itu keluar," singkatnya. 

Sumber: