Senin Besok 69 SMP di Rejang Lebong Gelar ANBK

Senin Besok 69 SMP di Rejang Lebong Gelar ANBK

Aziz/CE Gladi Bersih ANBK di SMPN 24 Rejang Lebong--

PENDIDIKAN,CURUPEKSPRESS.COM - Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tahun ajaran 2023/2024 tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat di Kabupaten Rejang Lebong akan dimulai pada Senin (18/9). 

Dalam kegiatan tersebut diikuti sebanyak 62 SMP, dan 9 Madrasah Tsanawiyah (MTs) di seluruh Kabupaten Rejang Lebong. 

Adapun kegiatan tersebut akan berlangsung selama 4 hari yang dimulai pada Senin (18/9) hingga Kamis (21/9) mendatang.

Pelaksanaan kegiatan tersebut kan dilaksanakan selama 2 hari untuk gelombang pertama yang sudah dimulai sejak Senin dan Selasa dengan jumlah sekolah yang mengikuti sebanyak 47.

Dan gelombang kedua akan dimulai pada Rabu dan Kamis dengan jumlah sekolah yang akan mengikuti sebanyak 14 sekolah. 

BACA JUGA:

Disisi lain yang melaksanakan kedua gelombang tersebut yakni SMPN 4 Rejang Lebong, SMPN 44 Rejang Lebong, dan SMPN 7 Rejang Lebong dan SMP Kreatif Aisyiyah yang merupakan sekolah penggerak angkatan pertama.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (kadis Dikbud) Rejang Lebong, Rezza Pakhlevi SH MM melalui Sekretaris Dikbud Rejang Lebong Hanapi SPd MM mengatakan bahwa untuk bisa mensukseskan kegiatan tersebut pihaknya sudah melaksanakan Simulasi, Gladi Bersih yang sudah dimulai sejak 28 Juli lalu.

Dengan mengikuti berbagai proses tersebut sehingga pihaknya yakin dan percaya ANBK untuk tingkat SMP sederajat akan sukses dilaksanakan.

"Kami sudah melaksanakan, simulasi, gladi bersih untuk memantau kesiapan pelaksanaan ANBK tahun 2023 ini, dan insya allah pada saat ANBK tidak akan ada lagi kendala dalam pelaksanaan," ujar Hanapi.

Dikatakan Hanapi untuk bisa mensukseskan pelaksanaan ANBK tahun ajaran 2023/2024, pihaknya sudah melaksanakan komunikasi kepada beberapa perusahaan yang terlibat untuk bisa membantu mensukseskan pelaksanaan ANBK tahun 2023 ini.

"Yang pastinya untuk permasalahan listrik kami sudah menjalin komunikasi kepada pihak PLN Curup untuk tidak melaksanakan pemadaman listrik ketika saat ANBK tersebut sedang berlangsung. Selain itu juga kami juga sudah melaksanakan komunikasi kepada pihak PT Telkom agar bisa meminimalisir gangguan terhadap jaringan Internet pada saat hari pelaksanaan ANBK," jelas Hanapi.

BACA JUGA:

Sementara Hanapi mengatakan bahwa pihaknya akan melaksanakan monitoring pelaksanaan ANBK tersebut di sejumlah sekolah yang sedang melaksanakannya.

"Ya harapan kami kegiatan ANBK tersebut bisa dilaksanakan dengan baik, bisa berjalan dengan baik, seluruh siswa bisa mengisi asesmen tersebut dengan baik dan benar sesuai dengan kondisi yang terjadi di sekolah tersebut, yang nanti nya kegiatan ANBK tersebut akan menjadi rapor mutu pendidikan pada tahun ajaran 2024 mendatang,'' terangnya. 

Sumber: