ANBK Tingkat SD Dilaksanakan 4 Gelombang

ANBK Tingkat SD Dilaksanakan 4 Gelombang

Aziz Ahmad/CE Pelaksanaan Hari Pertama ANBK di SDN 17 RL berjalan dengan baik. --

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tingkat Sekolah Dasar (SD) tahun ajaran 2022 ini berbeda dengan tahun sebelumnya.

Dimana jika sebelumnya ANBK hanya dilaksanakan 2 gelombang saja, akan tetapi pada  tahun ini akan dilaksanakan 4 gelombang.

Hal tersebut dikarenakan pada tahun ini semua SD maupun MI dituntut untuk melaksanakan ANBK secara mandiri, dan sebagian besar sekolah tersebut melaksanakannya menggunakan metode full online yang dalam artian semua sekolah tersebut sangat bergantung dengan jaringan dari server pusat, sehingga pada pelaksanaanya di terapkan menjadi 4 gelombang.

Hal tersebut dibenarkan oleh HelpDesk ANBK SD di RL, Sunardi MTPd kepada wartawan pada Senin 24 oktober kemarin.

BACA JUGA: Baru 4 BUMDes Kepahiang Berbadan Hukum

BACA JUGA: Ditolak Sistem, Ratusan THL Kepahiang Dikeluarkan dari Pendataan

"Pada hari ini kita sudah mulai melaksanakan gelombang pertama yang akan dilaksanakan selama dua hari yakni pada tanggal 24 - 25 Oktober 2022 dan setelah itu juga akan kembali dilaksanakan gelombang ke dua yang juga dilaksanakan selama dua hari yakni 26 -  27 Oktober dan dilanjutkan untuk gelombang ketiga pada 31 Oktober - 1 November, dan gelombang ke 4 pada 2 - 3 November mendatang," ujarnya.

Dikatakan Nardi bahwasanya untuk diseluruh RL ada 187 sekolah SD dan MI baik negeri maupun swasta yang akan melaksanakan kegiatan ANBK tersebut, dan ada 178 sekolah yang sudah melaksanakannya secara full online dan 9 sekolah yang masih melaksanakan nya dengan cara semi online.

"berdasarkan laporan dari masing - masing sekolah untuk sekolah yang akan melaksanakannya pada gelombang ke pertama sebanyak 122 sekolah, untuk sekolah yang akan melaksanakannya pada gelombang kedua sebanyak 48 sekolah, dan untuk sekolah yang akan melaksanakannya pada gelombang ketiga sebanyak 13 sekolah, dan sekolah yang akan melaksanakannya pada gelombang ke empat sebanyak 4 sekolah," terangnya.

Sementara disampaikan juga Kepala Bidang SD Dikbud RL, Mila Mertika Ssos melalui Kasi Kurikulum dan penilaian Lenli Hartati AMd, bahwasanya dilaksanakan ANBK tersebut oleh pihak Kementerian Pendidikan dan kebudayaan, karena untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar di masing - masing sekolah, karena dengan di laksanakan ANBK tersebut bisa mengetahui masing - masing mutu pendidikan dari masing - masing sekolah tersebut.

BACA JUGA: Bujangan Sodomi Pelajar SD

BACA JUGA: 5 Tips Ampuh Menjaga Hubungan dengan Pelanggan

"Adanya ANBK tersebut, dapat mengetahui perbaikan kualitas belajar mengajar yang mana yang perlu ditingkatkan kembali, apabila proses belajar mengajar dilakukan dengan baik tentunya hasil belajar murid juga akan maksimal,"pungkasnya.

Sumber: