Tanaman Asparagus dan Stroberi Juga Ditanam di Kebun Bunga Tien Soeharto

Tanaman Asparagus dan Stroberi Juga Ditanam di Kebun Bunga Tien Soeharto

Hamparan Lahan yang menjadi lokasi Tanaman Asparagus dan Stroberi di Kebun bunga Tien Soeharto. -Aziz/ce-

 

CURUPESKPRESS. COM - Menelusuri lebih jauh bekas kebun bunga ibu Tien Soeharto di Desa Mangkurajo Kecamatan Lebong Selatan. Tim curupekspress.com mendapati fakta baru. Yakni komoditi yang dikembangkan disana waktu dahulu, selain budidaya bunga ternyata kebun bunga Ibu Tien Soeharto ini juga mengambangkan dua tanaman lain. 

Adapun tanaman yang ikut dikembangkan yakni tanaman sayuran Asparagus dan tanaman buah Stroberi yang juga ikut menghiasi kebun bunga Tien Soeharto kala itu. 

Untuk diketahui, asparagus merupakan sumber serat yang tinggi daripada jenis sayuran lainnya. Hal ini membuat sayuran hijau ini bisa menjadi salah satu alternatif makanan kaya serat. Berita baiknya, serat tidak hanya baik untuk pencernaan, melainkan juga buat metabolisme tubuh, serta kesehatan kulit.

Kemudian buah stroberi (Fragaria x ananassa Duch.) adalah buah dengan kulit merah dengan bintik-bintik putih di bagian kulit yang merupakan bijinya, buah ini berwarna merah ketika sudah masak dan hijau ketika masih muda. Buah ini termasuk ke dalam keluarga Rosaceae.

 

BACA JUGA:

Mengulas satu persatu tamanan lain pada kebun bunga Ibu Tien Soeharto. Dari penuturan warga, jika hanya tanaman mahal yang dikembangkan pada kebun bunga Ibu Tien Soeharto tersebut. Sehingga salah satunya wajar saja jika tanaman sayuran Asparagus dikembang. Pasalnya tanaman yang satu ini memang kenal sebagai sayuran mahal, dengan segudang manfaat. 

Diantaranya adalah bersifat antiradang, mendukung kesehatan reproduksi, dan membuat mood menjadi lebih baik.  Ini sepenggal keunggulan tanaman yang satu ini, sangat nampak kala itu ibu Tien Soeharto cukup memikirkan pasar yang tepat untuk pengembangan pertanian dalam memajukan Indonesia kala itu. 

Selain itu juga Asparagus yang dikembangkan di kebun bunga Tien Soeharto kala itu Asparagus dengan serat yang sangat tinggi tinggi, sehingga mampu menambah jumlah tinja dan mendukung buang air besar secara teratur. 

Sebagai sumber serat yang baik, asparagus meningkatkan keteraturan dan kesehatan pencernaan dan dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi

Tanaman Asparagus ini juga sangat cocok dikembangkan dikebun bunga ibu Tien, pasalnya kala itu menghasilkan Asparagus dengan kualitas yang terbaik. Sehingga bisa saja saat ini jika masyarakat sekitar ingin membudidayakan tanaman yang satu ini, terlebih untuk mereka yang pernah bekerja pada kebun bunga ibu Tien yang sudah mengetahui teknik dan cara membudidayakan.

Selain itu ada pula tanaman Stoberi yang ikut dibudidayakan pada kebun bunga Tien Soeharto, namun menurut warga jika tanaman Stoberi ini hanya beberapa hektar saja. 

BACA JUGA:

Sumber: