Fantastis! Gaji Karyawan Kebun Bunga Tien Soeharto di Mangkurajo, Kala Itu Lebih Rp 6 Juta

Fantastis! Gaji Karyawan Kebun Bunga Tien Soeharto di Mangkurajo, Kala Itu Lebih Rp 6 Juta

Tim curupekspress.com saat mewancarai warga Mangkurajo.-Ari/ce-

CURUPEKSPRESS.COM - Siapa yang menyangka, ternyata buruh atau karyawan yang bekerja di Kebun Bunga Ibu Tien Soeharto kala itu (sekitar tahun 1985 - 1990), jika dikalkulasikan pada posisi saat ini mencapai Rp 6 sampai 10 juta per bulannya.

Informasi ini diperoleh wartawan CE dari cerita salah seorang mantan karyawan Kebun Bunga Ibu Tien Soeharto, Sri Hayati (51).

Dimana kala itu, karyawan Kebun Bunga Ibu Tien Soeharto digaji per hari Rp 2.000, yang artinya dalam sebulan kurang lebih Rp 60.000.

Sehingga menurut penuturan Sri, karyawan yang bekerja di Kebun Bunga Ibu Tien Soeharto zaman itu cukup sejahtera dan makmur.

Karena selain menerima gaji pokok, karyawan Kebun Bunga Tien Soeharto kala itu juga mendapatkan biaya asuransi.

BACA JUGA:

Diketahui pada masa kejayaan Kebun Bunga itu Ibu Tien Soeharto memiliki karyawan pada kebunnya kurang lebih 60an orang karyawan.

Selain itu, diceritakan juga bahwa bunga yang ditanam dan dikembangbiakkan di Kebun Bunga Ibu Tien Soeharto hasilnya di ekspor ke berbagai negara tetangga, seperti Singapura, Malaysia, Brunai Darussalam dan lainnya.

Berdasarkan cerita dari mantan karyawan Ibu Tien Soeharto, karyawan yang bekerja di Kebun Bunga miliknya itu rata-rata merupakan warga Desa Mangkurajo Kecamatan Lebong Selatan. 

Info yang sempat beredar bahwa Kebun Bunga Ibu Tien Soeharto banyak ditanam Bunga Anggrek, namun faktanya, ada banyak jenis bunga lain yang juga ditanam oleh mendiang Ibu Tien Soeharto di kebunnya yang berada di puncak bukit Desa Mangkurajo tersebut.

Adapun jenis bunga lain yang dimaksud seperti vinca dengan jenis vinca warna bunga ungu bergradasi putih pada bagian tengah, bunga krisan jenis carinatum dan inodorum, serta bunga rose eden kubis, musk dan sebagainya.

BACA JUGA:

Kemudian juga ada bunga jenis herbras yang tergolong dari spesies tanaman Asteraceae yang mempunyai warna merah, oranye, kuning dan merah jambu yang sangat cocok untuk dikembangbiakkan baik itu di daerah dataran tinggi ataupun dataran rendah. 

Dikarenakan jenis-jenis bunga yang ditanam oleh Ibu Tien Soeharto sangat cantik nan indah, sehingga penjualannya berhasil diekspor keluar negeri untuk memenuhi permintaan dari negara Singapura, Malaysia Brunai dan Australia.

Sumber: