6 Manfaat Mancing Ikan Bagi Kesehatan Tubuh dan Jiwa

6 Manfaat Mancing Ikan Bagi Kesehatan Tubuh dan Jiwa

Aktivitas memancing ikan-febri apriansyah-

CURUPEKSPRESS.COM - Memancing merupakan salah satu cara menangkap ikan yang dilakukan hanya beberapa jam, dengan duduk diam di pinggir kolam menanti pancing sampai dimakan ikan. Bagi sebagian orang, memancing adalah kegiatan yang membosankan karena harus duduk dan menunggu sampai umpan mendapatkan ikan.

Tetapi tidak bagi penggemar memancing dan menjadikannya sebagai hoby. Entah suka atau tidak, tahukah kamu bahwa memancing ternyata memiliki banyak manfaat bagi tubuh dan jiwa.

Berikut manfaat memancing:

1. Melatih kesabaran

Menunggu sampai umpan yang dipasang di kail disentuh oleh ikan memerlukan kesabaran dan ketelatenan. Seiring waktu berjalan,  emosi kamu akan terlatih. Bahkan lama kelamaan kamu akan bisa menerima jika kamu bahkan tak memperoleh hasil pancingan barang seekor pun.

2. Sebagai relaksasi

Berada di alam seringkali menenangkan hati dan pikiran. Menikmati keindahan pemandangan di sekitar tempat pemancingan dan menghirup udara segar tentu saja baik untuk kesehatan jiwa dan raga. Hal itu juga dapat mengurangi kecemasan.

3. Tubuh memperoleh vitamin D

Berada di luar ruangan, membuat tubuh memperoleh vitamin D. Seperti diketahui bahwa vitamin D ini dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan melawan penyakit.

4. Lebih percaya diri

Saat kamu berhasil mendapatkan ikan, kamu akan merasakan sensasi kepuasan akan suatu pencapaian. Kondisi itu sangat bermanfaat untuk meningkatkan rasa percaya diri. Kamu menjadi lebih yakin akan kemampuan kamu, bukan hanya dalam hal memancing namun juga dalam hal yang lain.

5. Mendorong keinginan untuk bepergian

Ketika kamu mendapatkan keseruan di tempat mancing, bisa saja kamu akan tertarik untuk mencoba memancing ke daerah lain. Kamu bisa merasa tertantang untuk menjelajahi wilayah lain demi merasakan pengalaman memancing yang berbeda.

6. Berlatih konsentrasi

Sumber: