Bunga Rafflesia Arnoldi Mekar Lagi di Kepahiang, Buruan Kunjungi Lokasinya Disini

Bunga Rafflesia Arnoldi Mekar Lagi di Kepahiang, Buruan Kunjungi Lokasinya Disini

Kondisi bunga rafflesia yang akan mekar.-ist-

 

KEPAHIANG, CURUPEKSPRESS.COM - Sebagai salah satu tempat ataupun habitat tumbuhnya sejumlah puspa langka di Kabupaten Kepahiang. Kabarnya pada hari Kamis 5 Oktober bunga puspa langka Rafflesia Arnoldi kembali mekar di daratan hutan Kabupaten Kepahiang. Tepatnya di jalan lintas Kepahiang Bengkulu Desa Tebat Monok Kecamatan Kepahiang atau Kilometer 51.

Ketua Lembaga Peduli Puspa Langka dan Lingkungan Kabupaten Kepahiang, Holidin mengatakan, lokasi tempat tumbuh dan mekarnya bunga Rafflesia Arnoldi tidak jauh dari pusat Kabupaten Kepahiang. Dimana diprediksi, bunga Rafflesia akan mekar sempurna seperti sebelumnya.

"Silahkan bagi masyarakat yang ingin melihat secara langsung bunga Rafflesia yang tumbuh di hutan Kepahiang. Karena untuk melihat bunga Rafflesia juga tidak dipungut biaya," ujar Holidin.

BACA JUGA:Kunjungi Kepahiang, Jokowi Sempatkan Diri Mampir Melihat Rafflesia

Adapun mekarnya bunga Rafflesia Arnoldi ini tak bertahan lama. Karena paling lama 5-6 hari kondisi bunga sudah layu. Sehingga akan kembali menjadi bangkai dan membusuk dan baru akan tumbuh lagi setelah sekian tahun. Untuk itu dikatakannya, mulai besok hingga hari Senin bunga Rafflesia akan mekar sempurna.

"Paling lama hari Senin bunga Rafflesia ini akan layu. Jadi jika ada pengunjung yang ingin menyaksikan silahkan datang langsung ke Hutan Desa Tebat Monok ini," terangnya.

BACA JUGA:

Berikut sedikit penjelasan soal Rafflesia Arnoldi

 

Rafflesia atau puspa nusa adalah sebuah genus tumbuhan berbunga yang semua spesiesnya hidup sebagai parasit. Organ tubuh dari Rafflesia hanya berbentuk bunga tang mekar atau kuncup saja. Rafflesia tidak memiliki daun, batang, ataupun akar.

Dimana sebagai ganti tidak adanya akar, Rafflesia memiliki suatu jaringan bernama haustorium yang mampu menyerap nutrisi hasil fotosintesis dari jaringan tumbuhan inangnya.

Selain itu Rafflesia termasuk genus tumbuhan yang mengalami kelangkaan karena kehidupannya secara biologis bergantung kepada tumbuhan inang dari jenis Tetrastigma tertentu. Kondisi pertumbuhan Rafflesia ditentukan oleh kondisi tumbuhan inang.

Faktor utama yang memengaruhi pertumbuhannya ialah iklim dan lingkungan tumbuhan inangnya. Hampir semua spesies Rafflesia hanya dapat tumbuh di habitat alaminya.

Sumber: