Cek Rekening!! Ada Bantuan Rp 500 Ribu Bantuan dari Kemensos untuk KPM Bansos PKH

Cek Rekening!! Ada Bantuan Rp 500 Ribu Bantuan dari Kemensos untuk KPM Bansos PKH

ILUSTRASI/CE Cara cek bansos--

CURUPEKSPRESS.COM - Keluarga penerima manfaat (KPM) diharapkan segera memeriksa rekening. Pasalnya, informasi terbaru yang beredar menyebut bahwa pemerintah akan menyalurkan dana tunai hingga Rp 500 ribu melalui Bank BRI, Mandiri, dan BNI.

 

Dimana dana ini merupakan bagian dari bantuan sosial (Bansos) Program Kesejahteraan Sosial (PKH) yang diberikan kepada warga kurang mampu. 

 

Informasinya juga, jika dana sebesar Rp 500 ribu akan dibayarkan pada bulan Oktober 2023 ini melalui Kartu Kesejahteraan Sosial (KKS) yang dikelola oleh Bank BRI, Mandiri, dan BNI.

Diketahui jika Program Bansos PKH ini juga merupakan salah satu program kesejahteraan sosial terkemuka yang dikelola oleh Kementerian Sosial (Kemensos) pemerintah.

 

Dalam penyalurannya, terdapat dua opsi pencairan untuk Bansos PKH. Pilihan pertama adalah melalui Bank Himbara, yang mencakup Bank BRI, Mandiri, dan BNI. Pencairan ini direncanakan untuk bulan ini, yaitu September-Oktober. Sementara itu, alternatif kedua adalah melalui PT Pos Indonesia yang biasanya dilakukan pada bulan berikutnya yakni November.

 

Diprediksi  untuk pencairan uang gratis sebesar Rp 500 ribu melalui Bank BRI, Mandiri, dan BNI adalah pada pertengahan Oktober mendatang. Dimana besaran bansos yang akan diterima oleh masyarakat dapat berbeda-beda, tergantung pada golongan atau kriteria masing-masing penerima manfaat. Besaran tersebut biasanya disesuaikan dengan kebutuhan dan klasifikasi ekonomi penerima manfaat.

BACA JUGA:

Penyaluran Melalui PT Pos Indonesia

 

Besaran Bansos PKH 2023 per 3 bulan melalui lembaga penyaluran PT Pos Indonesia untuk beberapa kategori penerima manfaat, diantaranya : 

 

1. Ibu hamil: Rp750.000

2. Balita: Rp750.000

3. Lansia: Rp600.000

4. Disabilitas: Rp600.000

5. Anak SD: Rp225.000

6. Anak SMP: Rp375.000

7. Anak SMA: Rp500.000

 

Besarannya bervariasi berdasarkan kategori penerima manfaat untuk memenuhi kebutuhan masing-masing golongan dalam program Bansos PKH.

 

 

Penyaluran Melalui Bank Himbara dan BSI

 

Berikut adalah besaran Bansos PKH 2023 per 2 bulan melalui Lembaga Bayar Bank Himbara dan BSI untuk beberapa kategori penerima manfaat, diantaranya :

 

1. Ibu hamil: Rp 500.000

2. Balita: Rp 500.000

3. Lansia: Rp 400.000

4. Disabilitas: Rp 400.000

5. Anak SD: Rp 150.000

6. Anak SMP: Rp 250.000

7. Anak SMA: Rp 334.000

BACA JUGA:

Besaran tersebut berlaku per 2 bulan dan juga disesuaikan dengan kategori penerima manfaat dalam program Bansos PKH.

 

Bagi mereka yang ingin memeriksa apakah masuk dalam daftar penerima Bansos PKH, mereka dapat melakukan pengecekan secara online dengan menggunakan ponsel pintar dan koneksi internet. Hal ini mempermudah akses dan memastikan transparansi dalam program tersebut. Berikut langkah-langkahnya : 

 

1. Akses situs web cekbansos.kemensos.go.id.

2. Input alamat sesuai dengan yang tertera di KTP Anda.

3. Tulis nama lengkap Anda sesuai dengan yang ada di KTP, pastikan ejaannya benar.

4. Isi kotak captcha dengan kode yang diberikan.

5. Klik tombol 'Cari Data' untuk melakukan pencarian informasi.

 

Mudah-mudahan ulasan di atas membantu kamu dalam memperoleh informasi, berkaitan dengan pencairan bansos dan cara mengecek apakah kamu sebagai penerima bansos.!!

Sumber: