Anda Perlu Tahu! Hujan Itu Berkah, Berikut penjelasannya

Anda Perlu Tahu! Hujan Itu Berkah, Berikut penjelasannya

hujan--

NASIONAL, CURUPEKSPRESS.COM - Hujan itu harus disyukuri namun sebagian besar diantara kita sering mengeluh turunnya hujan dengan alasan tidak bisa beraktivitas di luar.

Hujan adalah kejadian alam sering ditemui di Indonesia, karena wilayahnya yang berada di iklim tropis. Seringkali hujan yang datang merupakan hujan yang ditunggu-tunggu, terutama oleh petani setelah merasakan kekeringan.

Namun, tak jarang hujan disambut dengan penuh antisipasi datangnya banjir, kemacetan atau bencana alam lainnya di daerah-daerah tertentu.

Kedatangan hujan kadang memang dinantikan namun juga terkadang menyebabkan musibah apabila berlebihan derasnya.

Ternyata faktanya, di dalam Islam, hujan itu mempunyai arti khusus yang sangat spesial. Hujan disebut-sebut sebagai berkah dan ada keutamaan di dalam hujan.

Berikut ini akan dijelaskan mengenai lima berkah dan keutamaan hujan menurut pandangan Islam.

 

1. Hujan adalah berkah

 

Hujan merupakan berkah yang diturunkan oleh Allah untuk manusia yang ada di bumi. Dengan diturunkannya hujan dapat membasahi bumi dan seisinya serta menjadikannya segar. Sebagaimana yang dijelaskan di dalam surah Al-Qaaf ayat 9.

“Dan dari langit Kami turunkan air yang memberi berkah lalu Kami tumbuhkan dengan (air) itu pepohonan yang rindang dan biji-bijian yang dapat dipanen.”

BACA JUGA:

 

2. Memberi kabar gembira

Selain merupakan berkah, turunnya hujan juga memiliki makna datangnya kabar gembira bagi manusia. Setelah cukup lama manusia mengalami kekeringan, gagal panen karena kurangnya air dan banyak musibah lain akibat tidak turunnya hujan, Allah subhanahu wa ta'ala menurunkan hujan yang membawa kegembiraan untuk manusia.

 

3. Memunculkan rasa syukur di hati manusia

Di penjelasan sebelumnya dikatakan bahwa hujan merupakan berkah dari Allah. Maka, pada saat hujan artinya kita diingatkan untuk selalu bersyukur pada Allah. Bahwa dengan turunnya hujan tersebut Allah masih menjaga kehidupan kita dan memberi rahmat-Nya pada kita.

 

4. Dunia diciptakan dengan penuh keseimbangan

Berkaitan dengan penjelasan sebelumnya, dimana Allah Menurunkan hujan sesuai kadar perhitungan-Nya, maka kita bisa mengambil hikmah bahwa dunia dan seisinya diciptakan dengan seimbang. Tidak ada kelebihan atau kekurangan yang diberikan oleh Allah. Jika memang ketika hujan terjadi banjir atau bencana alam, bisa dipastikan bahwa itu adalah hasil dari kerusakan yang dilakukan oleh manusia itu sendiri.

BACA JUGA:

5. Hujan itu rahmat

Suasana rintik hujan yang teduh dan syahdu mengiringi rasa damai yang diselimuti suasana tenang yang membangkitkan perasaan begitu indah, diiringi butiran air yang turun dari langit satu per-satu yang banyak tercurah membasahi kekeringan dunia.

 

Sungguh banyak sekali keutamaan dari Allah turunkan hujan selain membawa berkah. Kita sangat diharuskan bersyukur atas segala kuasa Allah. Karena sebaik-baik yang diatur oleh Manusia lebih baik aturan yang dibuat Allah.

Sumber: