Penyebab Sakit Maag dan Cara Mengatasinya Agar Tidak Kambuh Lagi

Penyebab Sakit Maag dan Cara Mengatasinya Agar Tidak Kambuh Lagi

ilustrasi magh.-ist-

 

HEALTH,CURUPEKSPRESS.COM - Anda sering merasakan tidak nyaman di perut. Seperti perut terasa penuh, rasa panas di perut bagian atas, serta perut kembung. Kondisi ini merupakan gejala penyakit di lambung, seperti tukak lambung atau sering di sebut sakit maag. 

Sakit maag atau dispepsia adalah keluhan yang sangat sering terjadi di masyarakat dan biasanya bersifat ringan. Keluhan ini bisa muncul ketika terlambat makan, setelah makan, atau pun sedang makan.

Keluhan sakit maag seringkali diremehkan oleh banyak orang. Jika dibiarkan, penyakit maag dapat berbahaya karena penyakit ini merupakan gejala adanya gangguan lambung yang perlu diobati.

Penyebab maag yang paling umum termasuk GERD, gastritis, dan alergi atau intoleransi makanan. Selain itu, masalah dengan pankreas atau hati juga dapat menyebabkan dispepsia atau maag. faktor gaya hidup seperti merokok atau minum alkohol juga dapat menyebabkan gejala dispepsia atau maag.

Dengan mengetahui cara mengatasi maag secara efektif dapat membuat hidup Anda lebih nyaman. 

Berikut cara mengatasinya:

1. Jangan Telat Makan

Salah satu penyebab maagadalah telat makan. Hal ini dapat disebabkan oleh luka dan peradangan yang terjadi pada dinding lambung akibat tidak ada asupan makanan yang masuk. Umumnya, penderita penyakit lambung akan mengalami peningkatan asam lambung, mual, muntah, bahkan nyeri di ulu hati. telat makan juga Bisa menyebabkan penurunan energi yang dihasilkan tubuh karena tidak adanya asupan glukosa atau gula darah juga dapat membuat seseorang berisiko mengalami hilang kesadaran atau pingsan. So, jangansampai telat makan agar terhindar dari sakit maag. 

2. Kurangi Konsumsi Makanan Pedas dan Asam

Selanjutnya, anda perlu membatasi makanan pedas dan asam. Makanan pedas dapat memicu asam lambung naik bagi para penderita maag. Kondisi ini disebabkan karena ketika seseorang mengonsumsi cabai terlalu banyak dapat mengakibatkna dinding lambung iritasi hingga memicu asam lambung naik lebih cepat. Refluks asam adalah kondisi adanya aliran balik dari lambung ke kerongkongan. Penting untuk anda yang suka makanan pedas agar membatasi saat makan pedas karena banyak resiko yang didapat jika berlebihan mengkonsumsi pedas salah satunya sakit maag.

 BACA JUGA:Manfaat Kulit Sapi (Jangek) untuk Kesehatan, Obati Sakit Maag Hingga Turunkan Berat Badan

3. Jangan Langsung Berbaring Sesudah Makan

Selanjutnya, jika anda sering langsung berbaring setelah makan dapat menyebabkan sakit maag. Karena, langsung tidur setelah makan kenyang akan menyebabkan tekanan di dalam lambung meningkat, sehingga makanan dan cairan lambung dapat naik kembali ke kerongkongan. Jika ini terjadi terus-menerus, dapat menimbulkan penyakit asam lambung (GERD). Sebaiknya tunggu setidaknya 1 atau 2 jam setelah Anda makan sebelum tidur. Ini akan memberi waktu perut Anda untuk mencerna makanan.

Sumber: