Penyebab Pilek yang Berkepanjangan Dan Cara Mengatasinya.

Penyebab Pilek yang Berkepanjangan Dan Cara Mengatasinya.

sumber ss on pinteres ilustrasi pilek febri magang Ce--

HEALTH, CURUPEKSPRESS.COM -  Pilek atau hidung tersumbat merupakan penyakit yang umumnya sering terjadi pada masyarakat Indonesia. Pilek sering datang bersamaan dengan batuk. anak-anak lebih rentan terkena penyakit ini ketimbang orng dewasa karena imunnya masih dalam perkembangan.

batuk dan pilek terjadi karena reaksi alami tubuh manusia untuk melawan infeksi. Dengan batuk, tubuh berupaya mengeluarkan penyebab infeksi dari tubuh, terutama lewat dahak. Pilek ditandai dengan hidung tersumbat dan berair atau kerap disebut ingusan. batuk pilek bisa juga terjadi karena infeksi virus, batuk pilek bisa terjadi akibat alergi.

Penyebab batuk pilek adalah virus masuk ke dalam tubuh manusia melalui hidung, mulut, atau mata, sebelum menimbulkan gejala.

Ini terjadi ketika seseorang tanpa sengaja menghirup percikan bersin seseorang yang mebgandung viruz penderita batuk pilek yang disemburkan ke udara melalui bersin atau batuk. Virus juga bisa berpindah dari sentuhan tangan akibat memgang hidung tanpa mencuci tangan yang terkontaminasi virus tersebut.

 BACA JUGA: Rekomendasi Makanan untuk Anak Ketika Rawan Batuk Pilek

Berikut cara mengatasi pilek yang berkepanjangan:

 

1. Memperbanyak Minum Air Putih

Memperbanyak minum air putih merupakan cara yang efektif untuk mengobati pilek, air putih dapat membunuh viruz di dalam tubuh.

ini termasuk viruz yang menyebabkan flu Pastikan untuk minum air putih yang di rekomendasukan ialah sebanyak 8 gelas per hari saat flu.

Air putih sebaiknya dikonsumsi saat masih hangat dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ketika sistem kekebalan tubuh meningkat, ini akan membuat tubuh sembuh dari sakit flu. 

BACA JUGA:Cara Ampuh Mengatasi Pilek Pada Anak Tanpa Obat

2. Konsumsi Obat Pilek

Mengkonsumsi obat flu juga akan meringankan sakit pilek anda. Obat flu yang biasanya dikonsumsi ialah procol, paracetamol, dan atihistamin . 

Sumber: