Contoh Soal Materi Anti Radikalisme Pada Uji Kompetensi CPNS 2023, Diprediksi Akan Keluar

Contoh Soal  Materi Anti Radikalisme Pada Uji Kompetensi CPNS 2023,  Diprediksi Akan Keluar

Screnshoot portal SCCN-ilustrasi-

CURUPEKSPRESS.COM - Tahapan sanggah seleksi administrasi sudah mulai berlangsung sejak beberapa hari yang lalu. Peserta yang sanggahannya diterima oleh BKN RI selaku Tim Panitia Seleksi (Pansel) dapat mempertaruhkan kembali nasibnya dalam pertempuran CPNS 2023 ini.

Namun jangan senang dulu, karena perjalanan yang akan dihadapi peserta lulus ini masih terbilang sangat panjang. Sebab tantangan pada tahapan seleksi berikutnya pasti akan semakin meningkat dan membutuhkan kemampuan ekstra untuk menaklukkannya.

Salah satu tahapan yang dikhawatirkan oleh para peserta tentunya adalah tahapan seleksi uji kompetensi CPNS 2023. Meskipun BKN telah menyediakan layanan CAT atau Tryout sebagai upaya untuk mempermudah, namun tentunya soal yang tercantum di dalam CAT tersebut tidak mungkin 100 persen sama.

 

Berdasarkan informasi yang terhimpun, salah satu bentuk materi soal yang diprediksi muncul dalam seleksi uji kompetensi CPNS 2023 ini adalah materi anti radikalisme. 

Khusus untuk tes TKP, diprediksi akan ada materi tentang Anti Radikalisme yang diprediksi muncul. Secara garis besar, soal dengan bahasan ini akan menyelipkan permasalahan radikalisme. Bermuara dari permasalahan tersebut, peserta biasanya diminta untuk menjawab sikap yang perlu dilakukan.

 

Berikut 5 soal tentang anti radikalisme yang kemungkinan masuk (atau mendekati):

1. Di lingkungan Anda terjadi pembicaraan hangat tentang tetangga yang diklaim meneror warga lain lantaran kecewa terhadap pemerintah atas dana bansos yang dikorupsi. Anda sebaiknya bersikap...

A.Berdiam diri karena tidak ada yang meminta bantuan 

B. membenarkan berita karena mendengar dari banyak orang 

C. Tidak secara langsung percaya karena buktinya belum ada 

D. Merasa tidak peduli 

E. Biasa saja karena kebenarannya belum terungkap 

Sumber: