3 Tips Manajemen Waktu ala Rasulullah SAW

3 Tips Manajemen Waktu ala Rasulullah SAW

ilustrasi waktu.--

 PENDIDIKAN, CURUPEKPRESS.COM – Banyaknya kegiatan ataupun kesibukkan yang dimiliki membuat sebagian orang merasa bahwa waktu yang ia miliki sangat terbatas. Banyak hal yang sangat dikejar oleh deadline. 

Sehingga waktu yang dimiliki berlalu begitu saja dan merasa tidak ada cukup waktu untuk apapun pekerjaannya. Padahal dalam islam kita telah diajarkan bagaimana agar dapat menggunakan waktu sebaik mungkin.

Berikut 3 tips yang dapat anda terapkan dalam memanajemen waktu ala Rasulullah SAW.

Tidak Tergesa-gesa, Namun Dikerjakan Secara Cepat

Cepat dan tergesa gesa adalah hal yang berbeda, Cepat dapat diukur dengan waktu, sedangkan tergesa tidak memiliki ukuran.

Dalam hadits kita diajarkan untuk melakukan sesuatu secara cepat yang tidak berarti secara tergesa-gesa, dilakukan dengan segera mungkin dan teliti. Rasulullah SAW dalam melakukan suatu hal sangat-lah cepat tanpa tergesa gesa. Karena cepat namun tergesa gesa akan berakibatkan banyaknya tindakan ceroboh.

HR Anas bin Malik : “Karena sifat tergesa-gesa itu hanya berasal dari setan”.

Cepat yang dimaksud ialah saat anda mengetahui 5 menit lagi akan dikumandangkan adzan. Maka anda akan cepat mengambil wudhu sebelum adzan dikumandangkan dengan perkiraan 2 hingga 3 menit. Sedangkan bila anda tergesa gesa saat anda telah mengetahui 5 menit lag akan adzan tapi anda masih tenang. Di saat adzan dikumandangkan baru anda mengambil wudhu secara tergesa-gesa, bukan lebih baik cara yang pertama tadi, bukan? Cepat tapi bukan berarti tergesa gesa.

Sholat 5 Waktu Pembentukan Pola Disiplin

Rasulullah SAW menjadikan shalat 5 waktu sebagai pola dalam membentuk  kedisiplinan. Pembagian waktu umat muslim dalam sehari sudah sangatl jelas, melalui manajemen waktu shalat ini dapat menjadikan kita disiplin dan tepat waktu sehingga segala kegiatan kita tertata dengan baik. Misal sebelum shalat subuh anda akan segera bangun dari tempat tidur, lalu setelah subuh melanjutkan aktivitas seperti olahraga, memasak, bersiap ke sekolah atau kantor. Setelah dzuhur anda melanjutkan makan siang. Setelah shalat ashar menuju perjalanan pulang. Setelah shalat Maghrib berkumpul dengan keluarga, dan habis shalat isya anda melanjutkan istirahat untuk kegiatan selanjutnya di esok hari. Rasakan dahsyatnya waktu anda tidak terasa begitu cepat tapi begitu nikmat.

Gunakan Waktu Luang Sebaik-baiknya

Allah pernah berfirman dalam Al-Quran: “Maka apabila kamu telah selesai dari satu urusan, maka kerjakanlah dengan sungguh sungguh urusan yang lain” (QS. Al-Insyirah : 7)

Kesimpulan dari firman di atas jika direnungkan menjelaskan bahwa Allah tidak menginginkan umat-Nya menjalani waktu tanpa produktivitas. Allah inin hambanya dapat selalu produktif dalam memanfaatkan waktu. Selalu lakukan kegiatan yang sekiranya bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain dengan menggunakan waktu luang.

Memanfaatkan waktu ruang untuk hal positif yang dapat memberikan dampak bagi diri. Dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma, Rasulullah SAW, pernah menasehati seseorang,

Sumber: