Jangan Takut Tidak Kebagian Rezeki, Tapi Takutlah Akan Hal Ini

 Jangan Takut Tidak Kebagian Rezeki, Tapi Takutlah Akan Hal Ini

Ustadz Adi Hidayat.-istimewa-

NASIONAL, CURUPEKSPRESS.COM - Rezeki adalah kenikmatan, keberkahan, karunia yang diberikan kepada Allah Subhanahu wa taala kepada hamba-Nya. Rezeki dalam Islam terbagi dalam dua. Pertama rezeki umum, adalah segala sesuatu yang bermanfaat bagi manusia. Contoh: rumah, harta, kesehatan, kendaraan, dan lain sebagainya yang didapatkan baik secara halal maupun haram.

Kedua rezeki khusus, adalah segala hal yang bermanfaat dalam menegakkan iman dan taqwa seseorang. Contoh: ilmu, amal shalih, rezeki halal penuh berkah yang membuat seseorang lebih taat kepada Allah Swt dan menjauhi segala larangan-Nya. Rezeki ini akan menghantarkan seseorang atau hamba yang mukmin untuk meraih kebahagiaan sejati di dunia maupun di akhirat.

Allah Subhanahu wa taala berfirman dalam Al-Quran sebagai berikut, 

 

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِن شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِن كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِى لَشَدِيدٌ

 

Artinya: "Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih". (QS. Ibrahim ayat 7) 

 

Dalam surah yang lain Allah juga berfiman, 

 

وَمَا مِن دَآبَّةٍ فِى ٱلْأَرْضِ إِلَّا عَلَى ٱللَّهِ رِزْقُهَا وَيَعْلَمُ مُسْتَقَرَّهَا وَمُسْتَوْدَعَهَا ۚ كُلٌّ فِى كِتَٰبٍ مُّبِينٍ

 

Artinya: "Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh mahfuzh)." (QS. Hud ayat 6)

Masih ada lebih banyak ayat dalam Al-Quran yang menerangkan tentang rezeki.

Sumber: