Trik Meningkatkan Percaya Diri Anak di Sekolah

 Trik Meningkatkan Percaya Diri Anak di Sekolah

Sumber on pinteres, ilustrasi anak percaya diri Febri magang-ist-

 

PENDIDIKAN,CURUPEKSPRESS.COM - Percaya diri merupakan kemampuan dalam meyakinkan diri pada kemampuan yang kita miliki atau kemampuan untuk mengembangkan hal positif. Baik untuk diri sendiri ataupun lingkungan sekitar. 

Percaya diri yang kuat menjadi hal penting yang harus dimiliki anak. Dengan Percaya diri yang tinggi akan membuat anak mampu melakukan berbagai hal dengan sukses dan lancar. 

Meningkatkan percaya diri pada saat belajar akan membuat anak bahagia dan menjadi lebih produktif. Meningkatkan percaya diri bisa di laakukan kapan pun dan dimanapun. Dengan memiliki sikap percaya diri siswa tidak beranggapan bahwa diri sendiri sebagai penghalang untuk melakukan banyak hal positif. 

Berikut trik jitu meningkatkan percaya diri anak di sekolah

 

1. Beri apresiasi

Trik jitu meningkatkan percaya diri yang pertama yaitu dengan memberikan apresiasi. Ketika anak sudah berusaha melakukan atau mencapai sesuatu, terlepas dari apa pun hasilnya yang ia capai. coba berikan apresiasi seperti, hadiah, pujian, dan semangat akan usaha yang telah dia lakukan di sekolah. 

Memberikan apresiasi akan membuat anak termotivasi untuk terus berusaha mencapai tujuan yang dia inginkan. Orang tua perlu menghargai setiap usaha yang dia lakukan. Dengan memberikan kata-kata Semangat dan anak yang pintar, itu akan membangun rasa percaya diri untuk melakukan hal-hal lainnya. 

Mengajak anak untuk menceritakan tentang tugas mereka, seperti apa yang dirasakan, dipikirkan atau apa yang mereka paling sukai dari kreasi mereka. Hal tersebut sangat penting dalam berkomunikasi antara orang tua dan anak sehingga si Kecil bisa membangun kepercayaan diri dengan kemampuan serta kreativitasnya.

 

2. Jangan mengkeritik usaha anak

Trik jitu meningkatjan percaya diri selanjutnya yaitu dengan tidak mengkritik usaha anak. Pada saat orang tua mengkeritik usaha anak baik itu berupa penampilan secara tidak langsung anda sudah mematikan rasa percaya diri anak. Sebaiknya oramg tua memberikan hal positif seperti memberikan apresiasi ataupun kata-kata yang membuat anak tambah percaya diri seperti "wah pintar anak papa", serta saran yang bertujuan untuk membangun rasa percaya diri pada anak. 

Apabila orang tua memberikan kesan yang buruk atas usaha anak, maka akan membuat anak kecewa. Hal itu, akan membuat anak takut untuk menampilkan hal-hal lain dan akan membuat anak takut menyampaikan sesuatu. 

Sumber: