Kumpulan Hadis Tentang Kemunafikan Yang Harus Kita Tau !!!

Kumpulan Hadis Tentang Kemunafikan Yang Harus Kita Tau !!!

sumber : Pondok Psantren Daruut tauhiid--

NASIONAL, CURUPEKSPRESS.COM - Dalam Islam, "munafik" merujuk kepada seseorang yang berpura-pura menjadi seorang Muslim atau mempertontonkan iman kepada Allah. Tetapi sebenarnya tidak memiliki iman yang tulus dalam hati mereka.

Munafik dianggap sebagai salah satu perilaku yang sangat tidak diinginkan dalam Islam. Ada banyak ayat dalam Al-Qur'an yang mengingatkan tentang bahaya munafik, dan mereka dianggap sebagai musuh dalam lingkungan Muslim.

Munafik sering disebut dalam konteks ketidakjujuran, penipuan, dan perilaku yang bertentangan dengan prinsip-prinsip iman Islam.

BACA JUGA:Cara Pahami Anak yang Suka Bohong dan Tips Mengatasinya

Berikut sifat orang munafik dan hadis tentangya :

 

1. Berkhianat

Orang seperti ini apabila berbicara mengandung kebohongan, apabila berjanji sering berdusta, apabila diberikan amanah justru berkhianat. Gambaran tentangsatu ini tertuang dalam salah satu hadis: 

"Tanda-tanda orang munafik ada tiga, jika berbicara berdusta, jika berjanji mengingkari, dan jika diberi amanah mengkhianati." (HR Bukhari dan Muslim).

Selain itu, ada pula hadis lain yang menjelaskan bahwa orang yang memiliki sifat khianat berarti perbuatan dan ucapannya tidak dapat dipercaya. Sebagaimana yang telah diriwayatkan dalam hadis riwayat Ashabu As-Sunan:

“Tunaikanlah amanat itu kepada orang yang telah mempercayaimu dan janganlah kamu berkhianat kepada orang yang mengkhianatimu.”

BACA JUGA:6 Zodiak Ini Juara Bohong

2. Mudah ingkar janji

Ciri orang yang gemar ingkar janji dapat dilihat dari perkataannya yang tidak bisa dipegang dan tidak pernah menepati janji yang sudah ia tebarkan ke orang lain. 

Sumber: