Tidak Banyak yang Tahu! Manfaat Beras Ketan untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Bisa Menurunkan Berat Badan

Tidak Banyak yang Tahu! Manfaat Beras Ketan untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Bisa Menurunkan Berat Badan

ilustrasi beras ketan terbagi 2 jenis beras ketan putih dan beras ketan hitam sumber on pinteres, febri magang-ILUSTRASI/NET-

HEALTH,CURUPEKPRESS.COM - Beras ketan merupakan beras yang mengandung amilopektin yang tinggi sehingga memiliki tekstur lengket dan lembut saat di masak.

Ketan kerap di sajikan sebagai bagian dari hidangan yang dicampur daging, sayur dan pemanis yang terbuat dari kelapa dan gula are. 

Beras ketan terbagi menjadi dua yaitu ada Beras ketan putih dan ada Beras ketan hitam. Keduanya biasanya digunakan sebagai olahan untuk makanan ringan atau kue.

Baik beras ketan putih maupun beras ketan hitam dapat dihaluskan menjadi tepung dan dijadikan sebagai bahan utama untuk membuat beragam kue, dan sebagai hidangan penutup.

BACA JUGA:CEK FAKTA: Mengapa Beras Merah Lebih Sehat daripada Beras Putih?

Beras hampir tidak memiliki lemak dan kolesterol. Sehingga aman untuk kamu yang sedang menjalankan program diet. Beras ketan juga mengandung protein, gluten, vitamin C, B6, B2, B1, dan E, semuanya mendukung kesehatan kulit dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Efek ini dapat mengurangi peradangan pada tubuh dan juga membantu menjaga metabolisme tubuh. Banyak manfaat lain dari beras ketan yang tidak diketahui banyak orang. 

 

Berikut manfaat beras ketan untuk kesehatan tubuh:

 

1. Membuat tulang menjadi lebih kuat

Mengkonsumsi beras ketan dapat membantu meningkatkan kekuatan tulang dan mencegah osteoporosis. Kekurangan kalsium dikaitkan dengan kerapuhan gigi, katarak, perubahan di otak, dan osteoporosis yang dapat menyebabkan tulang menjadi rapuh.

Kandungan mimeral dan kalsium dari beras ketan akan membantu menjaga kesehatan tulang. Dalam 100 gram ketan terdapat sekitar 2 miligram kalsium yang menyehatkan dan meningkatkan tulang anda dan membantu mencegah osteoporosis yang membuat tulang jadi rapuh

BACA JUGA: Bolehkah Makan Beras yang Sudah Berkutu? Ini Penjelasan Para Ahli

Sumber: