Stress di Kantor jadi Salah Satu Faktor Penyebab Stroke di Usia 20-30

Stress di Kantor jadi Salah Satu Faktor Penyebab Stroke di Usia 20-30

ILUSTRASI/Stress-ILUSTRASI/NET-

HEALTH, CURUPEKSPRESS.COM - Stres di tempat kerja sudah bukan hal yang asing lagi bagi sebagian besar pekerja.

Namun, kita mungkin tidak menyadari betapa berbahayanya stres di kantor, terutama jika stres tersebut menyebabkan penyakit serius seperti stroke.

Ini nampaknya mengejutkan, bukan? Namun penelitian terbaru menemukan bahwa stres di kantor dapat menjadi faktor penyebab stroke, bahkan pada usia muda, antara 20 dan 30 tahun.

BACA JUGA:10 Tips Mengelola Stress dan Berfikir Positif untuk Meningkatkan Kesehatan Mental dan Fisik Anda

Stroke adalah suatu kondisi yang sering dikaitkan dengan faktor risiko klasik seperti hipertensi, merokok, diabetes, dan penyakit jantung. Namun, semakin banyak bukti bahwa stres mungkin menjadi pemicu penting.

Hal ini bisa terjadi karena stres di kantor, apalagi jika tidak dikelola dengan baik, dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah dan peradangan pada tubuh.

 

Dalam penelitian yang diterbitkan dalam jurnal medis terkemuka, peneliti menemukan bahwa orang yang mengalami stres kronis di tempat kerja memiliki risiko lebih tinggi terkena stroke di usia muda.

Pasalnya, stres dapat memicu pelepasan hormon stres seperti kortisol dan epinefrin yang dapat membahayakan sistem kardiovaskular.

BACA JUGA:Kenapa Banyak Orang Terlanjur Stress dan Bunuh Diri? Ini Salah Satu Alasannya

Selain itu, stres di kantor seringkali berdampak negatif pada gaya hidup. Orang yang mengalami stres cenderung mengabaikan pola makan sehat, cukup tidur, dan berhenti berolahraga, yang dapat menjadi faktor risiko tambahan terjadinya stroke.

 

Penting untuk diingat bahwa mencegah stres di kantor sangat penting untuk mengurangi risiko ini. Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan pekerja dan dunia usaha untuk mengurangi stres di tempat kerja:

 

Sumber: