Sekolah Ramah Anak, Ciri Ciri Dan Prinsip, Serta Standar

Sekolah Ramah Anak, Ciri Ciri Dan Prinsip, Serta Standar

ILUSTRASI/Sekolah Ramah Anak-ILUSTRASI/NET-

Agar siswa merasa nyaman dan aman di lingkungan sekolah, mereka juga harus dilibatkan dalam aktivitas penyusunan dan penciptaan lingkungan sekolah senyaman mungkin. Misalnya dalam kelas, siswa diajak menyusun bangku dan menghias kelas sesuai yang mereka mau.

 

Prinsip sekolah ramah anak

 

Dalam  mewujudkan Sekolah Ramah Anak (SRA), ada lima prinsip penting yang harus dijalankan, yakni:

 

1. Nondiskriminasi Artinya anak dijamin bisa menikmati hak anak untuk pendidikan tanpa tindakan diskriminasi, didasarkan pada disabilitas, gender, suku bangsa, agama, serta latar belakang orang tua.

 

2. Kepentingan yang terbaik untuk anak Artinya anak selalu menjadi bahan pertimbangan utama dalam pengambilan keputusan serta tindakan oleh pihak pengeola dan penyelenggara pendidikan.

BACA JUGA:Pendidikan Online: Meningkatkan Kualitas Belajar di Zaman Digital

3. Hidup, kelangsungan hidup, dan perkembangan artinya lingkungan pendidikan harus menjamin pengembangan holistis serta menghormati martabat anak.

 

4. Penghormatan terhadap pandangan anak, Artinya hak anak dalam bidang pendidikan, khususnya sekolah, haruslah dihormati. Selain itu, hak anak untuk mengekspresikan pandangannya juga harus dihormati.

 

5. Pengelolaan yang baik artinya lingkungan pendidikan harus menjamin adanya transparansi, akuntabilitas, partisipasi, keterbukaan informasi, serta supremasi hukum.

Sumber: