Cek Namamu, BLT El Nino Rp 200 Ribu dan Beras 10 Kg Cair Lagi November

Cek Namamu, BLT El Nino Rp 200 Ribu dan Beras 10 Kg Cair Lagi November

ILUSTRASI/IST/CE Screenshot Aplikasi Cek Bansos di Google Play Store. -ILUSTRASI/NET-

NASIONAL, CURUPEKSPRESS.COM - Bantuan sosial atau bansos yang disalurkan oleh Kementerian Sosial (Kemensos). Pada awal November ini dijadwalkan kembali cair.

Sebelumnya, pemerintah telah mengumumkan rencana pemberian bantuan berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino dan kelanjutan bantuan beras sebanyak 10 kg.

Awalnya, pemberian bansos beras ini dijadwalkan untuk periode Oktober - November 2023, tetapi pemerintah telah memutuskan untuk memperpanjangnya hingga Desember 2023.

BACA JUGA: November Berkah, Ada Bantuan Rp 600 Ribu dari BPJS, Begini Cara Mendapatkannya

Program ini bertujuan untuk mengurangi beban masyarakat dan disalurkan kepada 20 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Sedangkan, dalam hal Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino, bantuan akan diberikan dua kali, yaitu selama bulan November - Desember 2023, dengan jumlah Rp200 ribu per bulan.

 

Di sisi lain, proses penyaluran bansos beras sebanyak 10 kg akan mengikuti data yang tercatat dalam DTKS (Daftar Terpadu Keluarga Sosial) dari Kemensos.

BACA JUGA:BLT DD Disalurkan Plh Kades, DMPD Minta Realisasinya Tepat Sasaran

Masyarakat yang sudah terdaftar dalam DTKS memiliki hak untuk menerima bantuan tersebut. Untuk menjadi penerima, Anda dapat mendaftar melalui aplikasi resmi Kemensos yang disebut Cek Bansos agar dapat terdaftar dalam DTKS dan memenuhi syarat untuk mendapatkan bantuan ini.

 

Berikut adalah langkah-langkah untuk mendaftar melalui aplikasi Cek Bansos yang tersedia di Google Play Store:

 

1. Unduh aplikasi Cek Bansos dari Google Play Store.

2. Buat akun baru.

Sumber: