Ratusan Ribu Warga Palestina Sempat Terusir dari Tanah Sendiri, Ini Faktanya!

Ratusan Ribu Warga Palestina Sempat Terusir dari Tanah Sendiri, Ini Faktanya!

perang di palestina-ist-

CURUPEKSPRESS.COM - Ratusan ribu warga Palestina sempat terusir dari tanahnya sendiri. Itu terjadi saat perang selama enam hari yang kala itu dimenangkan oleh Israel. Namun tak terima akan penjajahan tersebut, muncul lah sebuah kelompok yang bernama Hamas.

 

Hamas adalah sebuah organisasi dengan gerakan Islam Sunni dan nasionalisme Palestina yang menentang kependudukan Zionis di wilayah tersebut. Gerakan ini percaya bahwa kebangkitan mereka adalah titik masuk utama untuk tujuannya membebaskan seluruh Palestina dari sungai ke laut.

BACA JUGA:Buat Kalian yang Menyalahkan Palestina, Simak Baik-baik Penjelasan Ustadz Khalid Basalamah

Selain itu diketahui, keberadaan Hamas membuat Israel memiliki target serangan hingga akhirnya memicu konflik semakin berlanjut bahkan hingga hari ini. Hamas dan pertahanan militer Israel yang kemudian saling serang membuat sejumlah warga sipil menjadi korbannya. Tidak sedikit diantaranya merupakan seorang Lansia bahkan hingga anak-anak yang tidak bersalah.

 

Lerlu diketahui, kekisruhan akibat perang tersebut membuat sejumlah negara super power seperti Amerika akhirnya turut campur. Bahkan Amerika secara terang-terangan membantu pasokan uang, senjata militer dan bantuan lainnya kepada Israel dan menjalin persekutuan. 

 

Kekuatan bantuan dari Inggris dan Amerika ini, kemudian membuat Hamas (Palestina) mengalami kekalahan telak, hingga akhirnya membuat wilayah kekuasaan mereka semakin hari kian menyempit. Bahkan tanah yang sebelumnya didominasi oleh orang-orang Arab ini, kemudian semakin surut dan hingga akhirnya berbalik dikuasai dan didominasi oleh Yahudi. 

BACA JUGA:Lagi Viral di Medsos, Ternyata Ini Makna Semangka sebagai Simbol Dukung Palestina

Selain itu, pada tahun 1987-2021, warga Palestina melakukan perlawanan massal di Jalur Gaza, hal ini setelah 4 orang warga Palestina dikonfirmasi tewas tertabrak oleh kendaraan Israel. Aksi perlawanan ini ditandai dengan banyaknya pemuda-pemuda Palestina yang melempari tank milik Israel dengan menggunakan batu. Gerakan pemberontakan inilah yang dikenal dengan Hamas yang saat ini dikenal juga sebagai sebuah partai politik.

 

Israel yang mengetahui adanya sebuah Partai Politik ini, memiliki alasan untuk menghantam Hamas. Pada tahun 2008, Israel menggencatkan serangan kepada Hamas yang kemudian berkelanjutan pada tahun 2012, 2014 dan 2021. 

 

Sumber: