Lagi Viral di Medsos, Ternyata Ini Makna Semangka sebagai Simbol Dukung Palestina

Lagi Viral di Medsos, Ternyata Ini Makna Semangka sebagai Simbol Dukung Palestina

FREEPIK Ilustrasi buah semangka sebagai dukungan untuk Palestina. --

NASIONAL, CURUPEKSPRESS.COM - Belakangan ini di media sosial (Medsos) sedang ramai warganet yang mengunggah gambar atau ilustrasi buah semangka. Dimana buah semangka ini dikaitkan dengan dukungan terhadap negara Palestina yang saat ini tengah berkonflik dengan Israel.

 

Namun dibalik itu semua, ternyata buah semangka yang tak jarang digunakan warganet sebagai foto profil di media sosialnya masing-masing memiliki makna yang disebut 'The Fruit of Palestine'. Dimana jika ditelusuri lebih jauh, buah semangka memiliki dan warnanyan identik dengan Palestina

BACA JUGA:

Karena buah semangka, memiliki warna merah, putih, hitam dan hijau. Dimana buah semangka ini dijadikan sebagian masyarakat sebagai simbol perlawanan bagi kemerdekaan Palestina. Pada artikel dibawah ini, tim curupekspress.disway.id sedikit menjelaskan sejarah dan makna buah 

semangka yang disebut 'The Fruit of Palestine'.

 

Untuk diketahui, bahwa penggunaan buah semangka sebagai bentuk dan simbol dukungan bagi Palestina ternyata bukan hal yang baru. Bahkan belakangan diketahui, pertama kali simbol semangka ini muncul setelah 'Perang Enam Hari' pada tahun 1967. Saat itu, Israel menguasi Tepi Barat dan Jalur Gaza. 

BACA JUGA:  Kisah Nyata Anak TK Palestina, Sungguh Mengharukan

Bahkan Israel juga menduduki wilayah Yerussalem Timur. Bahkan saat itu, Bendera Palestina pun dilarang dikabarkan di depan umum hingga Israel menyebut hal itu adalah pelanggaran pidana di Jalur Gaza dan Tepi Barat. Menghindari larangan dari Pemerintah Israel itu, masyarakat Palestina menggunakan buah semangka yang dibelah.

 

Karena apa ? karena penduduk Palestina, menilai buah semangka yang dibelah memiliki warna yang identik dengan bendera Palestina yang dilarang oleh Israel dikibarkan di depan umum saat itu. Namun kemudian larangan penggunaan bendera itu dicabut pada 1993. Pencabutan pelarangan itu, menjadi bagian dari perjanjian 'Oslo Accord, untuk perdamaian antara Israel dan Palestina. 

BACA JUGA:

Perjanjian itu, diketahuin ditandatangani PM Israel Yitzhak Rabin dan Ketua Palestine Liberation Organization (PLO), Yasser Arafat. Perjanjian antara Israel dan Palestina itu disaksikan Bill Clinton yang menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat saat itu. Namun perjanjian perdamaian ini, ternuata dilanggar pada tahun 1996. Hal ini seiring dengan taktik Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu yang berkeinginan mempercepat pemilu Israel guna menjegal upaya kemerdekaan bagi Palestina.

 

Lalu apa makna semangka yang diklaim sebagai simbol dukungan untuk Palestina ?

 

Dalam artikel ini, kami juga menjelaskan ada beberapa yang bisa diambil dari buah semangka sebagai simbol dukungan untuk Palestina ?

 

 

1. Kemandirian dan Pertanian lokal

 

Palestina telah lama berusaha memelihara kemandirian mereka dan menghadapi tantangan dalam mengakses sumber daya pertanian. Sebuah contoh nyata dari tekad mereka untuk menghasilkan makanan sendiri adalah melalui budidaya semangka, yang menjadi lambang kemandirian dalam produksi pangan lokal.

Pemanfaatan semangka mencerminkan semangat perjuangan rakyat Palestina dalam mempertahankan ketahanan pangan mereka.

BACA JUGA:

2. Kekuatan dan Ketahanan

 

Semangka adalah tanaman yang mampu bertahan di bawah kondisi iklim yang sulit dan dalam situasi kekurangan sumber daya, mencerminkan ketahanan dan kekuatan rakyat Palestina yang telah berjuang melalui konflik yang berkepanjangan.

 

3. Kesederhanaan dan Kemanusiaan

 

Semangka adalah buah yang umum dan mudah ditemukan di berbagai pasar dan wilayah di Palestina. Penggunaan semangka sebagai simbol menekankan nilai-nilai kesederhanaan, manfaat, dan kemanusiaan dalam perjuangan Palestina.

BACA JUGA:

4. Solidaritas Global

 

Menggunakan semangka sebagai simbol juga mencerminkan solidaritas global dengan rakyat Palestina. Mereka yang mengadopsi simbol ini menyatakan dukungan terhadap perjuangan kemanusiaan yang dihadapi Palestina, mendukung upaya perdamaian, dan memperjuangkan keadilan di wilayah tersebut.

 

Penggunaan semangka sebagai simbol dukungan untuk Palestina telah memunculkan kesadaran global terhadap isu-isu yang dihadapi negara tersebut. Dalam konflik berkelanjutan antara Israel dan Palestina, simbol semangka telah menjadi alat untuk mendukung hak asasi manusia, perdamaian, dan keadilan di wilayah tersebut.

Sumber: